Wasiat Dawam Minta Dimakamkan Dekat Cak Nur

Lis Pratiwi    •    Kamis, 31 May 2018 13:10 WIB
obituaritutup usia
Wasiat Dawam Minta Dimakamkan Dekat Cak Nur
Cendekiawan muslim Dawam Rahardjo. Foto: MI/Susanto.

Jakarta: Cendekiawan Muslim Dawam Rahardjo akan dikebumikan di dekat makam mantan Rektor Universitas Paramadina Nurcholish Madjid atau Cak Nur di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Ini sesuai permintaan Dawam kepada keluarga sebelum meninggal.

Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie mengatakan Cak Nur dan Dawam sangat dekat semasa hidup. Keduanya akrab walau usia Dawam jauh lebih muda dan memiliki pergerakan di bidang berbeda.

“Cak Nur di bidang agama dan filsafat, sementara Dawam di bidang ekonomi dan gerakan sosial,” kata Jimly di rumah duka, Jalan Kelapa Kuning III, Jakarta Timur, Kamis, 31 Mei 2018.

Jimly mengatakan keinginan Dawam dimakamkan di TMP Kalibata disampaikan langsung kepadanya saat masih dirawat. Hal itu dapat terlaksana mengingat prestasi Dawam yang telah mendapatkan Bintang Mahaputra seperti Cak Nur.

Ia langsung menghubungi Menteri Sekretaris Negara Pratikno yang turut berkoordinasi dengan Sekretariat Militer dan pengurus TMP Kalibata. Lokasi pemakaman sesuai keinginan almarhum pun berhasil sediakan.

“Masih ada tanah lowong lima makam dari kuburan Cak Nur. Alhamdulillah kita dapatkan. Jadi,keinginan almarhum sudah terpenuhi,” jelas dia.

Baca: Kenangan Jokowi terhadap Almarhum Dawam Rahardjo

Sebelum dimakamkan, jenazah disalatkan di Masjid Baitussalam dekat kediaman almarhum. Kemudian, jenazah diserahterimakan dari keluarga kepada TNI yang akan membantu pemakaman.

Upacara penyerahan dilakukan di depan masjid dipimpin Jimly Assiddiqie. Jenazah kemudian diberangkatkan ke TMP Kalibata dengan iring-iringan keluarga dan pengawal sekitar pukul 12:42 WIB.



(OGI)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

5 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA