Sambut Industri 4.0, Orientasi Perguruan Tinggi Harus Diubah

Gervin Nathaniel Purba    •    Kamis, 28 Feb 2019 18:55 WIB
berita kemenaker
Sambut Industri 4.0, Orientasi Perguruan Tinggi Harus Diubah
Menaker Hanif Dhakiri. (Foto: Dok. Kemenaker)

Jakarta: Dalam menghadapi revolusi industri 4.0, perguruan tinggi mesti mengubah orientasi. Dari yang semula terlalu akademis, menjadi berorientasi pada kebutuhan pasar dan pembangunan kewirausahaan. 

"Kita didik dan latih anak-anak dengan dua orientasi agar bisa masuk pasar kerja dan bisa membangun wirausaha," kata Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri, usai menjadi keynote speaker seminar nasional bertema Tantangan Ketenakerjaan pada Proteksi Sosial dalam Menghadapi Industri 4.0, di kampus Pascasarjana Universitas Pancasila, Jakarta, Kamis, 28 Februari 2019.

Menaker Hanif mengakui saat ini perguruan tinggi masih memiliki orientasi akademis. Akibatnya, banyak lulusan perguruan tinggi yang kompetensinya dipertanyakan. 

Menaker Hanif meminta kalangan akademisi atau perguruan tinggi agar tak terlalu takut dan khawatir saat memasuki era revolusi induatri 4.0. 

Hal itu harus direspons dan diantisipasi secara memadai. "Karena akan memunculkan tantangan sekaligus menciptakan peluang-peluang baru," kata Menaker Hanif.

Yang perlu dilihat dari perjalanan revolusi industri 4.0 adalah proses transformasi industri dari tahap pertama hingga keempat. Jika dilihat dari sisi durasi waktu berjalan lebih cepat. 

"Revolusi industri 4.0 lebih cepat. Beda dengan revolusi industri 1,2,3 lebih predictable. Tapi nanti perjalanan revolusi industri 5.0 akan jauh lebih cepat lagi dibanding kurun waktu sebelumnya, " ujar Menaker Hanif.

Perbedaan revolusi industri 4.0 dibandingkan revolusi industri sebelumnya adalah kombinasi tiga hal sekaligus yang sangat penting, yakni manusia (SDM), mesin (robot), dan big data. Ketiganya menyatu, dikolaborasi bersama sehingga membuat segala sesuatu menjadi sangat mudah.

"Tantangan industri kita ialah bagaimana menjaga kemampuan berkompetisi dengan berbagai bentuk inovasi, " katanya.



(ROS)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

1 month Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA