Pemerintah Melelang Dini 5.516 Paket Pekerjaan 2018

Lis Pratiwi    •    Senin, 13 Nov 2017 08:30 WIB
infrastruktur
Pemerintah Melelang Dini 5.516 Paket Pekerjaan 2018
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono/Foto: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR

Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melelang dini 5.516 paket pekerjaan. Lelang yang rutin dilakukan ini diperkirakan bernilai Rp33,99 triliun.

"(Kami) mempersiapkan dengan matang paket pekerjaan yang akan dilelang dini (untuk proyek 2018)," ujar Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono melalui keterangan tertulis, Minggu 12 November 2017.

Data Kementerian PUPR menyebut, hingga 10 November 2017, 356 paket pekerjaan di Direktorat Jenderal Bina Marga, Sumber Daya Air, dan Cipta Karya senilai Rp 2,2 triliun telah dilelangkan. Pemerintah menargetkan 50-60 persen kontrak sudah bisa ditandatangani pada Januari 2018 sebagai penanda dimulainya pekerjaan.

Menurut Basuki, pelaksanaan lelang dini membuat pembangunan infrastruktur 2018 dapat langsung dilakukan sejak awal tahun.

"Sehingga penyelesaian lebih cepat dan dirasakan manfaatnya. Umumnya waktu pelelangan memakan waktu sekitar 2 bulan," beber dia.

Basuki juga menginstruksikan pembangunan infrastruktur 2018 lebih mengoptimalkan potensi kontraktor swasta, mendorong investasi dalam negeri, penciptaan lapangan kerja, dan mengurangi kemiskinan melalui program infrastruktur padat karya.

Pada 2018, Kementerian PUPR mendapatkan anggaran Rp107,38 triliun. Dari alokasi itu, Rp48,87 triliun akan digunakan untuk penyelesaian proyek strategis nasional.

Program pembangunan bertujuan mewujudkan Nawa Cita, di antaranya membangun dari pinggiran, ketahanan pangan dan air, dan meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui peningkatan kualitas perumahan dan permukiman.  

"Untuk program yang baru dimulai tahun 2018 kecuali pembangunan bendungan, diharuskan dapat diselesaikan pada tahun 2019," kata Basuki.

Sedangkan Rp11,23 triliun dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur padat karya seperti pembangunan saluran irigasi kecil, operasi dan pemeliharaan saluran irigasi, pemeliharan rutin jalan dan jembatan, penataan jalan lingkungan, pembangunan sarana air bersih dan sanitasi lingkungan, serta rumah swadaya.


(OJE)

KPK akan Jemput Setnov dari RSCM?

KPK akan Jemput Setnov dari RSCM?

51 minutes Ago

KPK diinformasikan akan menjemput Setya Novanto dari RSCM untuk dibawa ke Rutan KPK. Namun KPK …

BERITA LAINNYA