Insiden Blora, Kapolri: Itu Stres karena Utang

M Rodhi Aulia    •    Kamis, 12 Oct 2017 11:46 WIB
bunuh diripembunuhan
Insiden Blora, Kapolri: Itu Stres karena Utang
Kapolri Jenderal Tito Karnavian--Metrotvnews.com/Lukman Diah Sari

Metrotvnews.com, Jakarta: Polisi sedang melakukan investigasi terkait insiden penembakan di Blora, Jawa Tengah. Adapun hasil sementara dari investigasi ini memang motifnya bersifat pribadi.

"Kita sudah melaksanakan investigasi internal di lingkungan Polri, dan sedang berjalan saat ini. Untuk sementara motifnya pribadi, masalah stres karena utang," kata Kapolri Jenderal Tito Karnavian dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis 12 Oktober 2017.

Tito mengungkapkan, pihaknya saat ini sedang melakukan investigasi terhadap peminjaman dan penggunaan senjata api oleh yang bersangkutan. Tito berjanji akan memberi sanksi tegas bila terdapat pelanggaran prosedur dalam peminjaman dan penggunaan senjata api tersebut. Termasuk pembinaan serta pengawasan pimpinan satuan yang bersangkutan.

Baca: Anggota Brimob Diduga Bunuh Diri Usai Tembak Mati Dua Rekannya

Teknis peminjaman dan penggunaan senjata api oleh anggota diatur dengan aturan internal yang sangat ketat. "Ada beberapa Perkap yang sudah mengatur senjata api. Penembakan harus ada pertanggungjawaban, laporan, tata cara peminjaman yang harus melalui tes psikologi, dan lain-lain," beber dia.

Baca: Tiga Jenazah Brimob Dimakamkan Pagi Tadi

Tito berharap kepada masyarakat untuk tidak menggeneralisasi insiden ini. Pasalnya banyak anggota Polri yang menggunakan senjata secara profesional dan proporsional.

"Kita memiliki aturan tentang sanksi yang cukup keras di lingkungan Polri (terkait pelanggaran penggunaan senjata api)," tandas dia.

 


(YDH)