TNI AD Masih Investigasi Tenggelamnya Kapal Cepat

Muhammad Al Hasan    •    Selasa, 13 Mar 2018 13:14 WIB
kapal tenggelam
TNI AD Masih Investigasi Tenggelamnya Kapal Cepat
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD TNI) Jenderal Mulyono - foto: Kadispenad.

Jakarta: Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD TNI) Jenderal Mulyono menyebut
pihaknya belum bisa memberikan keterangan banyak terkait penyebab pasti tenggelamnya Kapal Motor Cepat (KMC) milik Kodam Jaya AD-16-05 di Pulau Seribu. Dia bilang insiden itu masih diinvestigasi. 

"Sedang kita investigasi," kata Mulyono ditemui di Rakornis TNI dan Kemendikbud di Hotel Ciputra, Jakarta Barat, Selasa, 13 Maret 2018.

Namun demikian ia membantah kalau kapal motor cepat itu dalam kondisi kurang baik. Dia juga tidak yakin kalau kondisi mesin jadi penyebab utama kecelakaan itu.

"Kalau alat itu ternyata jelek itu alatnya sudah berapa tahun? sudah 3 tahun. Sudah jebol dari kemarin, kalau persoalannya alat, gitu loh. Nah persoalannya apa inilah yang sedang kita cari," tutur dia. 

(Baca juga: Kapal TNI Tenggelam karena Cuaca)

Terkait investigas itu Mulayono mengaku pengoperasian alutsista tersebut dihentikan sementara. 

Sebelumnya Kapal Motor Cepat (KMC) milik Kodam Jaya dengan nomor lambung AD-16-05 tenggelam saat akan membawa logistik bakti sosial ke kepulauan seribu pada Senin, 12 Maret 2018. Kapal tersebut membawa 65 orang personel TNI di dalamnya.

KMC AD-16- 05 tenggelam setelah mengalami mati mesin sebelumnya. Pihak TNI mengelak kejadian ini karena over kapasitas kapal. Sejumlah dugaan sempat ramai di publik dari mulai mati mesin, gangguan cuaca hingga akibat kelebihan muatan.






(REN)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

5 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA