Jusuf Kalla: Tidak Merokok Upaya Menjaga Kesehatan yang Murah

Juven Martua Sitompul    •    Minggu, 12 Nov 2017 12:11 WIB
rokok
Jusuf Kalla: Tidak Merokok Upaya Menjaga Kesehatan yang Murah
Wakil Presiden Jusuf Kalla--Metrotvnews.com/Juven Martua Sitompul

Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan, tidak merokok merupakan upaya menjaga kesehatan yang murah. Selain itu, membiasakan diri untuk berolahraga juga bagian penting untuk merawat tubuh tetap sehat dan bugar.

"Obat penting, tapi berolah raga merupakan kebiasaan sehat, tidak merokok, merupakan upaya menjaga kesehatan yang murah," kata Kalla saat menghadiri acara Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 di Bundaran HI, Jakarta, Minggu 12 November 2017.

Menurut Kalla, kondisi kesehatan lazim ditanyakan seseorang dalam sebuah pertemuan. Oleh karena itu, dia mengajak seluruh masyarakat untuk tidak abai menjaga dan merawat kesehatan diri sendiri.

"Untuk menyehatkan tubuh harus banyak bergerak, olah raga, makan sehat. Makan sehat, diantaranya makan ikan, tidur yang cukup, memeriksakan sehat," ujarnya.

Baca: Rokok dan Peningkatan Kemiskinan di Mata JK

Kalla menegaskan setiap rumah sakit wajib memberi pelayanan dan pengobatan baik kepada masyarakat. Namun, akan lebih baik jika rumah sakit sepi penghuni, artinya lebih banyak warga Indonesia yang sehat ketimbang yang sakit.

Pada kesempatan itu, Kalla mengatakan negara bisa disebut berhasil dalam hal kesehatan jika dana jaminan kesehatannya tidak minus. "Karena rakyatnya sehat, sehingga tidak menghabiskan dana jaminan kesehatan," ucap Kalla.

Oleh karena itu, Kalla kembali mengingatkan kepada seluruh warga untuk membiasakan diri hidup sehat sejak dini. Dia meminta para orangtua mengajarkan pentingnya makan buah dan sayur bagi kesehatan.

"Jaga terus kesehatan dengan membiasakan hidup sehat, istirahat cukup, makan buah sayur, ikan dan berolah raga. Jangan sampai masuk rumah sakit, karena masuk rumah sakit itu upaya terakhir," pungkas Kalla.


(YDH)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

10 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA