Kalla Takjub Fasilitas Iradiator Gamma

Dheri Agriesta    •    Rabu, 15 Nov 2017 14:59 WIB
puspiptek
Kalla Takjub Fasilitas Iradiator Gamma
Fasilitas iradiator gamma di BATAN. Foto: Metrotvnews.com/Gervin N Purba

Tangerang Selatan: Wakil Presiden Jusuf Kalla mengapresiasi peresmian fasilitas Iradiator Gamma Merah Putih di Gedung Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN). Peresmian fasilitas ini bisa mempermudah distribusi logistik nasional.

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki belasan ribu pulau. Dari jumlah itu, 3.000 pulau diketahui berpenghuni. Hal ini membuat distribusi logistik tak gampang.

"Salah satu (masalah) logistik itu adalah waktu," kata Kalla saat peresmian Iradiator Gamma Merah Putih di BATAN, Kompleks Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek), Serpong, Tangerang Selatan, Rabu 15 November 2017.

Kalla mengatakan kendala waktu bisa diatasi dengan iradiator gamma ini. Barang yang hendak dikirimkan bisa bertahan lebih lama dari biasanya dan bisa memenuhi kebutuhan nasional.

Baca: Teknologi Iradiator Gamma Serbaguna Siap Beroperasi

Indonesia memiliki banyak hasil bumi yang bernilai ekonomi. Tapi, hasil bumi seperti buah-buahan cenderung membusuk setelah disimpan selama tiga hari.

Pembusukan ini membuat Indonesia susah bersaing dengan negara tetangga untuk mengekspor hasil bumi. Oleh karena itu, perkembangan teknologi dibutuhkan untuk mendukung ekonomi masyarakat.

"Karena itulah iradiator gamma yang kita akan resmikan ini memberikan sumbangsih kepada ekonomi dan masyarakat kita," jelas Kalla.

Iradiator Gamma Merah Putih berlokasi di Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan. Dalam peresmian ini juga turut hadir Menteri Riset dan Teknologi M Nasir beserta sejumlah kepala daerah.


(UWA)