Kemensos Salurkan Bantuan Rp1,23 Triliun ke NTB

Sonya Michaella    •    Minggu, 15 Apr 2018 22:22 WIB
Berita Kemensos
Kemensos Salurkan Bantuan Rp1,23 Triliun ke NTB
Menteri Sosial Idrus Marham -- Foto: Istimewa

Lombok: Kementerian Sosial RI menyalurkan bantuan sebesar Rp1,23 triliun untuk masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB). Bantuan diserahkan langsung oleh Menteri Sosial Idrus Marham.

"Penerima harus memanfaatkan bantuan sesuai kebutuhan, terutama untuk keperluan sekolah dan perbaikan gizi anak-anak," kata Idrus dalam keterangan tertulisnya, Minggu 15 April 2018.

Dengan bantuan ini, Idrus berharap nasib rakyat NTB bisa berubah dari status tidak mampu menjadi mampu atau disebut fase graduasi.

"Dengan pendidikan yang baik, mereka akan tumbuh menjadi anak-anak yang pintar. Bisa sekolah sampai lulus SMA bahkan ke perguruan tinggi. Dengan pendidikan tinggi mereka bisa bekerja dan berpenghasilan mengangkat nasib keluarga," tambahnya.

Mensos juga sempat bertemu dengan beberapa penerima bantuan yang tidak lagi menerima bansos karena mereka sudah memiliki usaha sendiri.

"Ada beberapa yang mendirikan usaha, ya meskipun berjualan pecel. Saya harap di lain tempat ada juga yang berjualan gorengan, toko kelontong, atau apa, yang penting bisa mandiri," ucap dia.

Sebelumnya, Idrus mengakui adanya evaluasi terhadap kondisi para penerima bantuan dalam kurun waktu tertentu. Bila syarat-syarat sebagai penerima bantuan sudah tidak dipenuhi lagi, maka bantuan bisa dicabut.

Total jumlah peserta Program Keluarga Harapan (PKH) di NTB sebanyak 325.320 keluarga dengan nilai Rp615 miliar. Sementara penerima bansos Rastra/Bantuan Pangan Non Tunai sebanyak 473.049 dengan nilai Rp625 miliar dan total bantuan yang disalurkan selama satu tahun senilai Rp1,23 triliun.

 


(Des)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA