Menhan: Rakyat Berperan Mendukung Ketahanan Negara

M Sholahadhin Azhar    •    Kamis, 12 Jul 2018 19:53 WIB
ketahanan negara
Menhan: Rakyat Berperan Mendukung Ketahanan Negara
Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu. Foto: MI/Pius Erlangga.

Jakarta: Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu memberi pembekalan pada Perwira Siswa Pendidikan Reguler (Pasis Dikreg) XLV Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI di Sesko TNI, Bandung. Dalam kesempatan itu, ia meminta 150 pasis sesko TNI menjaga kerekatan dengan masyarakat.

"Penilaian terhadap kekuatan pertahanan negara sama sekali tidak hanya dinilai seberapa besar anggaran dan kekuatan alutsista, namun kekuatan tersebut tertumpu pada persatuan dan kesatuan rakyat," kata Ryamizard melalui keterangan pers yang diterima Medcom.id, Kamis, 12 Juli 2018.

Menurut dia, rakyat berperan mendukung kekuatan TNI. Sebagai salah satu basis kekuatan bangsa, rakyat juga punya peran dalam mendukung strategi pembangunan nasional.

"Strategi pertahanan negara dalam menyikapi dinamika perkembangan lingkungan strategis merupakan bagian integral yang tidak terpisahkan dari strategi pembangunan nasional," katanya.

Meskipun Indonesia kini sedang tidak menghadapi ancaman perang terbuka antarnegara, namun radikalisme yang menjurus pada terorisme, separatisme, dan pemberontakan bersenjata terus mengancam ketahanan negara.

"Saat ini semua di kawasan dan di berbagai belahan di dunia sedang menghadapi potensi ancaman yang sangat nyata, yaitu bahaya ancaman terorisme", kata dia.

Selain persatuan, Indonesia juga memerlukan kerja sama dengan bangsa lain. Ryamizard mengaku tengah menjalin kerja sama dengan negara-negara lain untuk membangun keamanan bilateral dan multilateral.

"Kunci utama dalam merespon berbagai bentuk tantangan dan ancaman keamanan bersama di tataran internasional adalah sebuah resolusi dan komitmen yang dibangun mekanisme kerja sama keamanan bilateral maupun multilateral," pungkas Ryamizard.


(HUS)