Sistem 5 Hari Sekolah Sulit Diterapkan di Indonesia

Intan fauzi    •    Sabtu, 17 Jun 2017 21:03 WIB
pendidikan
Sistem 5 Hari Sekolah Sulit Diterapkan di Indonesia
Psikolog Pendidikan Karina Adistiana berbicara soal sistem lima hari sekolah bakal sulit diterapkan di Indonesia. Foto: MTVN/Intan Fauzi

Metrotvnews.com, Jakarta: Psikolog Pendidikan Karina Adistiana menilai, sistem lima hari sekolah bakal sulit diterapkan di Indonesia. Mengingat Indonesia merupakan negara yang sangat beragam, kebijakan itu hanya cocok di tempat-tempat tertentu saja.

"Buat saya Indonesia sangat beragam, mungkin saja fullday school cocok di tempat-tempat tertentu, sekolah tertentu, dengan akses (pendidikan) terbuka," kata Karina di Restoran Gado-Gado Boplo, Jalan Gereja Theresia, Jakarta Pusat, Sabtu 17 Juni 2017.

Karina berpendapat, Jakarta menjadi salah satu daerah yang cocok menerapkan kebijakan lima hari kerja. Sebab, akses pendidikan mudah dijangkau dan gurunya pun memadai.

Baca: Kebijakan 5 Hari Sekolah Sulit Diterapkan di Daerah Tertinggal

Sehingga menurutnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tak lagi mencari sistem pendidikan yang terbaik. Di Indonesia, dengan melihat demografisnya yang beragam, setiap kebijakan belum tentu dapat disamaratakan.

Baca: Pemerintah Harus Fokus Memperbaiki Akses Pendidikan

"Kebijakan mana, kebijakan apa, yang cocoknya di daerah mana, kapan, itu lebih menjadi penting karena kita sudah waktunya bukan berpikir mencari sistem yang terbaik, karena susah lho. Indonesia Bhinneka Tunggal Ika dengan segala keragamannya ini kita mau seragamkan, enggak bisa," tegasnya.

Pemerintah pusat sebaiknya menyerahkan soal sistem pendidikan pada daerah masing-masing. Pemda lebih tahu apa yang dibutuhkan oleh pendidikan di daerahnya.

"Aturannya kan sudah seperti itu, manajemen berbasis sekolah, pengaturan otonomi daerah termasuk pendidikan ada di dalam situ. Jadi sentralisasi kebijakan ini langkah mundur sebetulnya," ungkap Karina.

Baca: Sekolah tak Sekadar Mengatur Waktu Belajar


(SUR)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

14 hours Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA