Korlantas Polri Targetkan Laka Lantas Turun 30 Persen

Siti Yona Hukmana    •    Kamis, 17 Jan 2019 14:38 WIB
kecelakaan lalu lintas
Korlantas Polri Targetkan Laka Lantas Turun 30 Persen
Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri--Medcom.id/Siti Yona Hukmana

Jakarta: Korlantas Polri Indonesia melakukan kampanye keselamatan berkendara dengan program "Millenial Road Safety Festival". Dalam penggeloraan itu ditargetkan jumlah kecelakaan lalu lintas (laka lantas) menurun 30 persen.

"Target awal setidaknya harapan kita 30 persen. Sebagaimana juga target pada operasi lilin 2018, target kita laka lantas menurun. Memang ketika itu target 25 persen, tapi pencapaiannya bisa 30 persen," kata Kepala Korp Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Refdi Andri di Jalan MT. Haryono, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis, 17 Januari 2019.

Deklarasi 'Millenial Road Safety' akan dilaksanakan di kawasan Monas, Jakarta Pusat, pada Minggu, 31 Maret 2019. Refdi berharap, ada 300 ribu peserta millenial ditargetkan hadir pada acara tersebut.

Untuk diketahui, deklarasi ini dilakukan se-Indonesia. Diawali pada 2 Februari 2019 yang dilaksanakan di Nusa Tengga Timur (NTT) dan Papua Barat.

Kemudian, pada 3 Februari di Lampung dan Kalimantan Barat. Pada 10 Februari di Bengkulu, Kalimantam Tengah dan Gorontalo. Pada 17 Februari di Jambi, Bangka Belitung, Bali dan Papua.

Selanjutnya, pada 24 Februari di Riau, Kepulauan Riau, Sulawesi Barat, dan Maluku Utara. Lalu, pada 2 Maret 2019 di Maluku dan Sulawesi Utara. Kemudian, pada 3 Maret di Sumatera Utara, Kalimatan Timur, Kalimantan Barat dan NTB.

Lanjut lagi pada 10 Maret di Aceh, Sumatera Barat, DIY dan Sulawesi Tengah. Lalu, pada 17 Maret di Sumsel, Jawa Timur, Kalsel, Sultra. Pada 23 Maret di Banten, Jabar, Kaltara. Pada 24 Maret di Jateng dan Sulses.

"Acaranya puncak di DKI Jakarta pada 31 Maret 2019. Sebanyak 2 juta peserta millenial ditargetkan menjadi relawan lalu lintas di seluruh Indonesia," ujar Refdi.

Refdi mengatakan, kampanye ini dirumuskan karena ingin menciptakan kesadaran bagi pengendara. Jumlah laka lantas akhir 2018 disebutkan sebanyak 30 ribu.

Baca: 420 Orang Tewas Akibat Kecelakaan Lalu-Lintas pada 2017

Menurut dia, laka lantas yang paling banyak terjadi pada millenial dengan rentang usia 18-35 tahun. "Kita melihat jumlah itu semua adalah kalangan pelajar dan mahasiswa," ujar dia.

Maka itu, program kampanye keselamatan berkendara ini dinamankan Millenial Road Safety Festival. Program yang diselenggarakan dengan target kalangan generasi milenial. Generasi yang akrab dengan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Penyelenggara dalam kampanye ini, yakni Korlantas Polri dengan 28 orang anggota. Kemudian, Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK) dan Relawan Lalu Lintas Indonesia (Relasi) beranggotakan 80 orang.

"Dengan merangkul semuanya, sehingga semua mempunyai pikiran yang sama, pandangan yang sama, perasaan yang sama dan harapan yang sama. Hasilnya nanti kita rasakan sama-sama," pungkas Refdi.


(YDH)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA