Kivlan Zein Pastikan tak Ada Rencana Makar di Aksi 212

Nur Azizah    •    Selasa, 29 Nov 2016 06:49 WIB
unjuk rasa
Kivlan Zein Pastikan tak Ada Rencana Makar di Aksi 212
Mayor Jenderal TNI (Purn) Kivlan Zen. Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) Mayor Jenderal (Purn) Kivlan Zein memastikan tidak ada rencana makar di dalam aksi 2 Desember. Hal itu ia utarakan lantaran Kivlan ikut dalam rapat dengan FPI dan sejumlah organisasi lainnya.

Menurut dia, bila ada kelompok yang berniat melakukan makar, ia pastikan, itu bukan FPI. Kivlan pun mempersilakan polisi menangkap kelompok yang berniat makar.

"Kan tidak ada rencana. Kalau ada yang mendompleng. Ya yang dompleng saja yang ditangkap. Kan gampang," kata Kivlan di Kantor HMI, Pasar Rumput, Jakarta Selatan, Senin (28/11/2016).

Ia membeberkan, FPI hanya meminta umat Islam untuk menggelar sajadah di Silang Monas. Selain itu, ormas Islam itu menginginkan Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ditahan.

"Kami cuma minta salat, berdoa, dan dia ditahan. Kalau ada yang membentuk itu (makar), di luar agenda," terang dia.

Kivlan menyampaikan, FPI tak beniat membentuk negara syariah Islam. FPI masih menginginkan Indonesia berasas Pancasila.

"FPI itu nasionalis tulen . FPI mau negara memegang Pancasila yang sesuai pembukaan UUD 45. Sebagai umat terbanyak di Indonesia, berhak dong berkontribusi dalam membangun negara ini," pungkas dia.


(OGI)