Metro TV Diharapkan Selalu Mengedepankan Keberimbangan

   •    Selasa, 18 Oct 2016 18:05 WIB
metro tv
Metro TV Diharapkan Selalu Mengedepankan Keberimbangan
Komisioner KPI bersama pimpinan Metro TV -- MTVN/Ninok

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebagai televisi berita, Metro TV diharapkan selalu mengedepankan keberimbangan dalam setiap pemberitaan. Meskipun banyak godaan, Metro TV harus tetap menjadi media profesional.

"Kalau kita pahami, fungsi media adalah memberikan informasi. Informasi yang adil dan merata, informasi yang baik dan benar. Itu kekuatan Metro TV sebenarnya. Apalagi Metro TV sebagai lokomotif televisi berita, tentunya mempunyai profil yang banyak dalam tuntutannya menyampaikan informasi," kata Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Yuliandre Darwis saat berkunjung ke Metro TV di Jalan Pilar Mas Raya, Kedoya, Jakarta Barat, Selasa (18/10/2016).

Terlebih, lanjut Yuliandre, 2017 adalah tahun politik. Itulah tahun penentuan keberimbangan pemberitaan sebuah media.

"Metro TV harus bisa menjadi wadah informasi. Menyampaikan pada masyarakat bagaimana bangsa dan pemerintah hadir, bagaimana pemilu ramai dan didengung-dengungkan dengan suasana pestanya rakyat," ujar Yuliandre.


Komisioner KPI bersama pimpinan dan penanggung jawab operasional Metro TV -- MTVN/Ninok

Namun, bagaimanapun media tidak bisa lepas dari KPI yang memiliki banyak fungsi. Salah satunya, memastikan hak masyarakat untuk mendapatkan informasi yang baik.

"Pendidikan formal itu ada batasnya. Tapi kalau televisi, itu 24 jam setiap harinya. Bayangkan kalau konten yang ada di dalam TV adalah konten yang tidak mendidik atau tidak memberikan perbaikan kualitas kehidupan berbangsa. Apa yang akan terjadi pada masyarakat Indonesia?" kata Vice President Director Metro TV Suryopratomo.

Dengan kontrol dari KPI, kata pria yang akrab disapa Tommy itu, Metro TV bisa menjalankan peran untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. "Karena itu, terus awasi kami, peringatkan kami, untuk membuat kami menjadi lebih baik. Bukan dalam konteks dibiarkan salah, tapi dari awal diperingatkan supaya Metro TV bisa memainkan peran seperti yang dicita-citakan," katanya.

Tommy pun mengingatkan cita-cita dan idealisme yang dirumuskan pendiri Metro TV, Surya Paloh:

Atas nama cita-cita, kami adalah burung elang yang terbang tinggi menembus awan dan tidak mengenal takut. Atas nama pengabdian, kami adalah batu karang yang tidak pernah goyah mempertahankan misi kami. Dan atas nama kebenaran, kami berdiri di atas bumi pertiwi untuk menjadi saksi sejarah dan peradaban dunia.




(NIN)