MPR Raih WTP, Zulkifli Hasan Bangga

Pelangi Karismakristi    •    Rabu, 21 Sep 2016 15:42 WIB
mpr ads
MPR Raih WTP, Zulkifli Hasan Bangga
Sesjen MPR Ma`ruf Cahyono mewakili MPR menerima penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian dari Menkeu Sri Mulyani (Foto:Dok.MPR)

Metrotvnews.com, Bandar Lampung: MPR RI menerima penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas keberhasilan memertahankan laporan keuangan kementerian dan lembaga negara dengan opini audit WTP selama lima tahun berturut-turut.

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan bangga dengan penghargaan tersebut.

"Semoga WTP bisa terus bertahan untuk kami (MPR)," ujar Zulkifli Hasan, usai membuka MPR Goes to Campus di IAIN Radin Intan, Lampung, Rabu (21/9/2016).

Dengan adanya penghargaan WTP, Ketua MPR berharap bisa memberikan teladan bagi lembaga lain. "Agar lembaga-lembaga itu juga bisa bagus (laporan keuangannya)," tutur dia.

Untuk diketahui, Piagam dan trophy penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani kepada Sekretaris Jenderal MPR Ma'ruf Cahyono, di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (20/9/2016).

Penghargaan WTP ini diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akutansi dan Pelaporan Pemerintah Tahun 2016 di Istana Negara, Jakarta, kemarin. Rakernas tersebut juga dihadiri Ketua MPR Zulkifli Hasan dan para pimpinan lembaga negara maupun daerah.

Wajar Tanpa Pengecualian juga adalah opini yang dikeluarkan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk laporan keuangan atau audit internal yang bebas dari salah saji material. Jika sebuah lembaga mendapat opini WTP dari BPK, berarti auditor BPK meyakini lembaga ini telah melakukan prinsip akuntansi dengan baik.

Selain MPR, masih ada 21 lembaga dan kementerian serta 15 pemerintah daerah yang juga mendapat penghargaan serupa. Di antaranya DPR RI, DPD RI, BPK RI, Kementerian Keuangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Kementerian Koordinator Ekonomi, Badan Intelejen Negara (BIN) dan Komisi Yudisial.

Sementara, pemerintah daerah yang menerima WTP adalah antara lain, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kabupaten Surakarta, dan Kabupaten Lubuk Linggau.


(ROS)

Ahok Dinilai Tulus Bekerja, tak Peduli Popularitas

Ahok Dinilai Tulus Bekerja, tak Peduli Popularitas

11 minutes Ago

Bakal calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat (Ahok-…

BERITA LAINNYA
Video /