Kemendagri Dijaga Polisi Berseragam Sipil

M Sholahadhin Azhar    •    Kamis, 12 Oct 2017 18:06 WIB
penyerangan kantor kemendagri
Kemendagri Dijaga Polisi Berseragam Sipil
Sumarsono saat menjabat sebagai pelaksana tugas (Plt) gubernur DKI Jakarta. Foto: MI/Panca Syurkani.

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Dalam Negeri dijaga ketat pascapenyerangan, Rabu 11 Oktober 2017. Petugas tanpa atribut kepolisian disebar di kantor Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

"Sebenarnya banyak intelijen di sini. Kira-kira sekitar 20 orang ada di sini," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah Sumarsono di Kantor Kemendagri, Kamis 12 Oktober 2017.

Menurut dia, mereka sengaja berpenampilan seperti pengunjung Kemendagri. Hal ini adalah teknik pengamanan, supaya tidak terlihat ada tekanan keluar. Permainan mental diperlukan untuk menunjukkan bila Kemendagri tidak takut dan siap bertindak tegas.

Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Arief M. Edhie mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya. Satu peleton personel gabungan dari Polsek Gambir dan Polda diturunkan mengamankan kemendagri. 

Baca: Mendagri: Mereka seperti Manampar Wajah Saya

Berdasarkan pengamatan, polisi tampak berjaga di gerbang utama Kemendagri. Dua senapan pelontar gas air mata terlihat disiapkan di meja pos. Rama, salah satu personel Polsek Gambir, menyebut hal ini untuk mengantisipasi kerusuhan lanjutan. 

Tak hanya dengan Polda, Kemendagri juga meminta bantuan TNI. "Mereka sifatnya memantau, nanti kalau dirasa perlu baru turun. Kita sebelahan dengan Mabes AD juga kok," kata Arief.


(OGI)