Jokowi Berharap ASEAN tak Cepat Berpuas Diri

Achmad Zulfikar Fazli    •    Senin, 13 Nov 2017 14:42 WIB
ktt asean
Jokowi Berharap ASEAN tak Cepat Berpuas Diri
Presiden Jokowi di KTT ASEAN di Philippines International Convention Center Manila, Filipina. Foto: Dok/Biro Pers Setpres

Jakarta: Presiden Joko Widodo berharap ASEAN tak cepat berpuas diri terhadap segala pencapaian yang telah diraih. Ia menyebut ASEAN yang telah berdiri selama 50 tahun ini mampu menciptakan stabilitas ekosistem, perdamaian, dan kesejahteraan di kawasan Asia Tenggara.

“Namun kita tidak boleh puas dengan capaian ini. Tantangan kita ke depan tetap sangat lah berat,” kata Jokowi dalam Pleno KTT ASEAN ke-31, di Philippines International Convention Center Manila, Filipina, Senin 13 November 2017.

Menurut dia, negara-negara yang tergabung dalam ASEAN harus kuat, bersatu dan mampu menjaga sentralitas kita. “Kita harus mampu menjadikan ASEAN sebuah asosiasi yang tidak saja dihormati masyarakatnya namun juga dihormati dunia,” ujarnya.

Ia pun menilai perlu ada collective leadership yang kuat dan tanggung jawab yang tinggi jika ingin ASEAN maju lebih cepat dan relevan dengan perkembangan dunia.

“Mari bersama kita jadikan ASEAN sebuah asosiasi yang kokoh dan bermanfaat bagi rakyatnya dan bermanfaat bagi dunia,” kata Jokowi.


(MBM)