Keterbatasan Anggaran Diharapkan Tak Mengurangi Kualitas Asian Games

Anggi Tondi Martaon    •    Senin, 12 Mar 2018 14:31 WIB
berita dpr
Keterbatasan Anggaran Diharapkan Tak Mengurangi Kualitas Asian Games
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih. Foto: Dok. DPR

Jakarta: Anggaran penyelenggaraan Asian Games 2018 cukup terbatas. Diharapkan, keterbatasan itu tak mengurasi kualitas perhelatan pesta olahraga empat tahunan benua Asia itu.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih. Menurutnya, efisiensi yang dilakukan pemerintah akan baik sepanjang tidak mengurangi kualitas penyelenggaraan Asian Games sebagaimana standard penyelenggaraan yang ditetapkan oleh Olympic Council of Asia (OCA). 

“Kami mendukung pemerintah, Kemenpora dan INASGOC dalam mewujudkan empat suskses Asian Games 2018; sukses penyelenggaraan, sukses administrasi, sukses prestasi, dan sukses pemberdayaan skonomi,” kata Abdul dalam keterangan tertulis, Senin, 12 Maret 2018.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu mengungkapkan, pemerintah telah mengalokasikan anggaran untuk penyelenggaraan pesta olahraga yang akan diikuti oleh 45 negara itu sebesar Rp1,7 triliun. Jumlah tersebut dinilai masih kurang.

“Memang dalam kunjungan lapangan Komisi X ke Kantor INASGOC mereka menyatakan kebutuhan untuk tahun ini Rp 2,7 triliun, sehingga kurang Rp 1,1 triliun,” ucap Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PKS Jawa Tengah itu.

Kekurangan anggaran tersebut pun direspons oleh pemerintah. Beradasarkan rapat terbatas pembahasan penyelenggaraan Asian Games 2018, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta langsung agar Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menambah kekurangan anggaran yang dibutuhkan oleh INASGOC.

Penambahan anggaran tersebut langsung ditinjau oleh Kemenpora. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menyatakan hasil peninjauan tersebut akan diumumkan pekan depan. Abdul menyebutkan, jika akan ada tambahan anggaran Rp1,1 triliun yang bersumber dari APBN, maka harus melalui pembahasan dan persetujuan dari Komisi X DPR RI sebagai mitra kerja Kemenpora. 

Selain itu, dia pun berharap kebijakan anggaran penyelenggaraan Asian Games 2018 itu semata untuk menjamin kualitas. Bukan dalam rangka melakukan penghematan karena keterbatasan anggaran yang dimiliki pemerintah.



(ROS)