KPAI Imbau Wartawan Taat Kode Etik

M Sholahadhin Azhar    •    Sabtu, 10 Feb 2018 10:42 WIB
hari pers nasional
KPAI Imbau Wartawan Taat Kode Etik
Ilsutrasi. Foto: Antara/R Rekotomo.

Jakarta: Memperingati Hari Pers Nasional (HPN), Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mewanti-wanti wartawan agar taat kode etik. Salah satunya jaminan kerahasiaan identitas anak.
 
"Untuk menyajikan pemberitaan yang menghormati hak-hak anak sebagaimana diatur dalam Pasal 19 Undang-Undang No 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA)", ujar Wakil Ketua KPAI, Rita Pranawati melalui keterangan tertulisnya, Sabtu, 10 Februari 2018.
 
KPAI masih menemukan foto atau video maupun pemberitaan anak yang dipublikasikan secara transparan, baik sebagai korban maupun pelaku pidana. Wajah dan identitas anak dipublikasikan secara rinci dalam pemberitaan.
 
"Hal ini jelas-jelas melanggarkan UU SPPA," imbuh Rita.

Baca: KPK Ajak Pers Keroyok Koruptor
 
Menurutnya, media massa sebagai salah satu pilar demokrasi berfungai mengedukasi masyarakat, di antaranya mendidik masyarakat untuk menghargai hak-hak anak.
 
Selama ini, publik selalu mendapatkan informasi berbagai kasus pelanggaran anak dari pemberitaan media. Di pihak lain, upaya negara dan civil society dalam mencegah dan menangani kasus-kasus anak juga semakin masif diberitakan. Ini merupakan kontribusi nyata dari rekan-rekan insan pers.
 
Selain mengkritisi, KPAI sebagai komisi negara independen yang memiliki mandat pengawasan perlindungan anak sangat terbantu oleh peran media.
 
"Dalam rangka peringatan hari pers nasional 2018 ini, KPAI meyampaikan penghargaan yang tinggi kepada media massa yang sudah menyajikan pemberitaan yang menghargai hak-hak anak, baik anak sebagai korban, saksi, maupun sebagai pelaku tindak pidana," katanya.




(FZN)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

1 month Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA