Koopssusgab di Bawah Komando Panglima TNI

Achmad Zulfikar Fazli    •    Kamis, 17 May 2018 05:42 WIB
terorisme
Koopssusgab di Bawah Komando Panglima TNI
Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purnawirawan) Moeldoko memberikan orasi ilmiah kepada wisudawan di Universitas Negeri Padang (UNP), di Padang, Sumatera Barat, Jumat (16/3). (Foto: Antara/Iggoy el Fitra).

Jakarta: Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memastikan Komando Operasi Khusus Gabungan (Koopssusgab) berada di bawah komando Panglima TNI. Pasalnya, pasukan elite antiteror ini berada di satuan TNI.

"Enggak (di bawah koordinasi Polri). Di bawah Panglima TNI. Jadi itu inisiasi penuh dari Panglima TNI," kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 16 Mei 2018.

Baca juga: Jenderal Moeldoko Bahas Pasukan Elite Antiteror TNI

Pasukan ini terdiri dari prajurit terbaik di setiap matra, baik di TNI Angkatan Darat, Angkatan Udara, dan Angkatan Laut. Koppssusgab, kata dia, sudah dibentuk sejak dirinya menjadi Panglima TNI. Namun, pasukan ini dibekukan sebelum akhirnya dibentuk kembali.

"Awal pembentukannya saya yang membentuk. Beberapa saat lalu dibekukan, nah beberapa saat ini diaktifkan kembali," ucap dia.

Baca juga: Jokowi Restui Pembentukan Pasukan Elite Antiteror TNI

Pasukan ini, lanjut dia, akan bertugas membantu Polri memberantas terorisme. Pasukan ini akan digerakan ke seluruh penjuru untuk mengatasi aksi terorisme dalam waktu singkat.

"Karena pasukan itu dipersiapkan dengan baik, secara infrastruktur, secara kapasitas, mereka setiap saat bisa digerakan ke penjuru manapun dalam tempo yang secepat-cepatnya," pungkas dia.


(HUS)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

6 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA