Pendiri PKPI Tatto Sugiarto Wafat

Achmad Zulfikar Fazli    •    Minggu, 24 Jun 2018 11:03 WIB
obituari
Pendiri PKPI Tatto Sugiarto Wafat
Pendiri PKPI Tatto Sugiarto/Foto: Istimewa

Jakarta: Tatto S. Pradjamanggala, 80, salah seorang pendiri Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) tutup usia. Tatto wafat di Rumah Sakit Mayapada, Jakarta, Jumat petang, 22 Juni 2018.

Dalam beberapa tahun terakhir, Tatto diketahui mengidap penyakit kanker prostat. Almarhum kini sudah dimakamkan di pemakaman keluarga, daerah Manggala Giri Lembang, Jawa Barat.

"Pak Tatto merupakan figur politikus yang ulung di zamannya dan seorang nasionalis yang peduli kepada NKRI. Semoga kami bisa meneruskan segala cita-cita luhur almarhum dengan membawa PKPI sebagai partai yang konsisten mengawal NKRI dan memberikan kontribusi nyata untuk bangsa ini," kata Ketum PKPI Diaz Hendropriyono, Minggu, 24 Juni 2018.

Putra A.M. Hendropriyono itu berharap keturunan Tatto bersama PKPI terus memperjuangankan aspirasi almarhum. PKPI harus meneruskan dan menularkan  keteladanan dan kepemimpina.

Tatto merupakan salah satu tokoh yang disegani di Jawa Barat. Ia juga dikenal sebagai pendiri Angkatan Muda Siliwangi dan mantan anggota DPR dari Partai Golkar era 1972-1992.

Pada 15 Januari 1999, Tatto bersama beberapa tokoh, di antaranya Try Sutrisno, Edy Sudrajat, serta Hayono Isman membentuk Partai Keadilan dan Persatuan. Pada September 2002, partai tersebut berganti nama menjadi PKPI yang kini dikenal dengan taglinenya Partai Zaman Wow.


(OJE)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

5 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA