Berakhir Pekan Sambil Belajar di Masjid Istiqlal

Dheri Agriesta    •    Sabtu, 29 Apr 2017 14:20 WIB
kepemudaan
Berakhir Pekan Sambil Belajar di Masjid Istiqlal
Pengujung antusias mengikuti kegiatan YIFEST 2017. Foto-foto: Metrotvnews.com/Dheri

Metrotvnews.com, Jakarta: Birul, 22, sengaja meluangkan waktu untuk menghabiskan akhir pekan di Masjid Istiqlal. Bersama Rani, 22, Birul berkeliling dan mengikuti ragam kegiatan yang diadakan Youth Islamic Festival (YIFEST) 2017.

Sebanyak 48 komunitas muslim ambil bagian dalam festival yang diadakan di Masjid Istiqlal, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Sabtu 29 April 2017. Beragam kegiatan pelatihan pun diadakan untuk memberikan pengetahuan baru bagi anak muda Indonesia yang hadir.

Birul dan Rani salah satunya. Mereka baru tiba di Masjid Istiqlal selepas Zuhur. Birul mengaku mendapatkan informasi pelatihan dari media sosial. Tak ada alasan khusus buat Birul dan Rani mengikuti kegiatan ini.

"Ingin menghabiskan waktu luang di akhir pekan dengan kegiatan yang jelas, makanya ikut kegiatan ini," kata Birul saat ditemui di ruang pelatihan.

Birul dan Rani memilih mengikuti pelatihan jurnalistik yang diadakan Masjid Nursiah Daud Paloh. Pelatihan ini berbicara tentang jurnalisme warga dengan judul, 'Yuk, Dakwah Melalui Medsos'.

Dua sekawan ini terlihat tak sabar menunggu pelatihan dimulai. Keinginan Birul sederhana, mendapatkan pemahaman umum tentang jurnalistik. "Dapat cara penulisan jurnalistik dan hal lain," kata Birul sembari senyum.

Pengurus Masjid Nursiah Daud Paloh sadar dengan tren media sosial dan demam vloging yang sedang digandrungi anak muda saat ini. Mereka pun sengaja memberikan pelatihan jurnalistik agar bermanfaat bagi generasi milenial ini.

"Ini bisa membekali mereka yang tertarik menyiarkan Islam melalui multimedia," kata Ketua DKM Nursiah Daud Paloh, Arif Nugroho.

Pelatihan dapat diikuti pengunjung YIFEST 2017 secara gratis. Sebanyak 100 peserta pertama mendapatkan sertifikat sebagai bukti telah mengikuti pelatihan.

Arif berharap kegiatan ini dapat merangsang kretivitas anak muda Indonesia yang sedang gemar berselancar di media sosial. "Agar bisa mengemas dakwah menjadi lebih menarik dan lebih mudah menyiarkannya," kata Arif.

YIFEST 2017 dibuka calon gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan. Dalam pembukaan juga hadir aktivis Islam Yenny Wahid, Sekretaris BP Masjid Istiqlal Rusli Zainal, aktris Oki Setiana Dewi, dan aktor Dude Herlino.

 


(UWA)