Kunker ke Tiongkok, Komite II Soroti Sistem Transportasi Kereta Cepat

Anindya Legia Putri    •    Kamis, 13 Jul 2017 15:24 WIB
berita dpd
Kunker ke Tiongkok, Komite II Soroti Sistem Transportasi Kereta Cepat
Miniatur kereta cepat Jakarta-Bandung (Foto:Antara/Hafidz Mubarak)

Metrotvnews.com, Jakarta: Komite II DPD RI tengah melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Tiongkok. Kunker dilakukan untuk mempelajari energi terbarukan dan sistem transportasi massal.

Sejumlah senator turut mencoba kereta api berkecepatan tinggi di ruas jalur Shanghai-Beijing, di sela-sela kunjungan yang berlangsung pada 10-15 Juli 2017.

"Kami lihat kereta cepat ini bisa memobilisasi masyarakat dalam aktivitasnya meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Tiongkok. Pembangunan di sini sangat luar biasa pesatnya. Ekonomi tumbuh karena program konektivitas yang cepat," kata Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba dalam keterangan tertulis yang diterima Metrotvnews.com, Kamis, 13 Juli 2017.

Senator asal Sumatera Utara ini mendesak pemerintah RI untuk segera merealisasikan proyek kereta cepat di ruas jalur Jakarta-Bandung. Menurutnya, terdapat tiga persoalan utama yang menghambat proyek strategis nasional tersebut.

"Pertama, mengenai tata ruang. Kedua, faktor keteresediaan lahan, dan ketiga, terkait pendanaan. Kalau pendanaan sudah tidak ada masalah karena sudah disediakan oleh investor. Tata ruang sudah dipikirkan secara matang oleh Kementerian ATR (Agraria dan Tata Ruang). Mungkin persoalan lahan yang belum selesai. Jika ketiga persoalan tersebut tidak bisa diatasi dalam waktu dua tahun, maka proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung akan dicabut dari daftar proyek strategis nasional," ucap Parlin.


(ROS)

KPK Kantongi Bukti Baru Kasus Novanto

KPK Kantongi Bukti Baru Kasus Novanto

29 minutes Ago

KPK menyatakan telah mengantongi bukti baru dari tersangka kasus korupsi KTP-el, Setya Novanto.

BERITA LAINNYA