Jokowi Pilih Mendongeng untuk Kenalkan Keberagaman ke Anak-anak

Achmad Zulfikar Fazli    •    Kamis, 18 May 2017 00:12 WIB
joko widodo
Jokowi Pilih Mendongeng untuk Kenalkan Keberagaman ke Anak-anak
Pelajar berebut menjawab pertanyaan Presiden Joko Widodo saat acara Gemar Baca dalam rangka Hari Buku Nasional di halaman tengah Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/5) - ANT/Puspa Perwitasari

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo mendongengkan cerita Lutung Kasarung kepada anak-anak sekolah dalam acara gemar membaca pada Hari Buku Nasional di halaman tengah Istana Merdeka, Jakarta. Cerita itu disampaikan untuk memperlihatkan bahwa Indonesia kaya akan cerita rakyat atau dongeng.

Menurut dia, seluruh daerah memiliki dongeng masing-masing, seperti Lutung Kasarung dari Jawa Barat hingga Malin Kundang dari Sumatera Barat. Jokowi berharap ceritanya ini juga bisa memicu minat membaca anak-anak.

"Betapa beragamnya dari sisi suku kita, agama kita, budaya kita yang melahirkan cerita seperti yang saya sampaikan Lutung Kasarung, Malin Kundang, Sangkuriang, Roro Jonggrang, Raja Ampat. Inilah cerita yang selain itu masih banyak lagi, sehingga minat baca anak lebih baik lagi," kata Presiden, Rabu 17 Mei 2017.

Ia juga telah meminta kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir agar cerita nusantara ini bisa disebarkan kepada anak-anak sejak dini. Sehingga, nilai-nilai moral, etika, kesantunan, kejujuran, dan keberanian ada di anak-anak.

Jokowi mengaku memiliki banyak buku bacaan yang jadi favorit sejak kecil. Seperti, komik Gundalah Putra Petir, Kopingho, serta cerita-cerita wayang.

"Banyak sekali, selalu saya baca Petruk Gareng, saya ingat selalu saya baca," ucap dia.

Meskipun sibuk keliling daerah, ia juga mengaku masih menyempatkan diri buat membaca. "Selalu saya waktu luang di pesawat, di mobil saya gunakan untuk membaca," pungkas dia.


(REN)