Ancaman Terorisme Merata ke Seluruh Wilayah

Whisnu Mardiansyah    •    Senin, 19 Jun 2017 15:14 WIB
terorisme
Ancaman Terorisme Merata ke Seluruh Wilayah
Foto: MI/Usman

Metrotvnews.com, Jakarta: Mabes Polri mengingatkan kepada seluruh jajaran agar meningkatkan pengamanan dan kewaspadaan ancaman terorisme. Ancaman bukan saja menyasar kota-kota besar, tetapi sudah merata ke seluruh wilayah Tanah Air.

"Kami mengakui terorisme itu ancaman nyata. Bisa muncul kapan saja dan kepada siapa saja," kata Kepala Bidang Penerangan Umum Mabes Polri Kombes Martinus Sitompul saat dihubungi Metrotvnews.com, Senin 19 Juni 2017.

Polisi jangan hanya terfokus pada peningkatan keamanan di kota-kota besar, seperti Jakarta. Peta jaringan kelompok terorisme tersebar ke seluruh wilayah Tanah Air. "Buktinya di Bima, bukan di kota besar," ujar Martinus.

Dua terduga teroris di Bima, kata Martinus, merupakan salah satu sel jaringan teroris wilayah timur. Jaringan inilah yang berafiliasi dengan ISIS Amman Abdurahman sebagai panglima ISIS di Asia Tenggara.

"Paling atas itu kelompok teror. Di bawahnya ada jaringan Bandung, Banten, Solo, Indonesia Timur. Di bawah jaringan ada sel-sel," pungkas Martinus.

Tim Detasemen Khusus Anti-Teror Polri menangkap K dan NH, terduga teroris, di Bima, Nusa Tenggara Barat, kemarin. Dari keduanya, Tim Densus mendapati bom rakitan dan senapan angin.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyampaikan, K dan NH belajar membuat bom dari Bahrun Naim. Target kedua terduga ada polisi.

Klik: Densus 88 Tangkap Dua Terduga Teroris di Jatim
 


(TRK)