Ini yang Dilakukan Ketua DPD saat Berlebaran di Kampung Halaman

Anindya Legia Putri    •    Senin, 19 Jun 2017 12:59 WIB
berita dpd
Ini yang Dilakukan Ketua DPD saat Berlebaran di Kampung Halaman
Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang (Foto:Dok.MPR)

Metrotvnews.com, Jakarta: Perayaan Idul Fitri identik dengan mudik ke kampung halaman. Tak ketinggalan Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang. Pria kelahiran Sukadana, Kalimantan Barat, ini akan merayakan Lebaran bersama sanak saudara di kampung halaman.

"Pasti setiap Lebaran, baik Lebaran haji maupun Idul Fitri, pasti pulang kampung. Kumpul sama orang kampung, sedekah, potong kerbau, makan dengan orang kampung, cerita orang kampung yang tulus, yang tidak memandang kita siapa. Itu nikmat sekali," ucap Oesman, saat ditemui Metrotvnews.com, di ruang kerjanya, Nusantara III, lantai 8 Komplek Parlemen, Senin, 19 Juni 2017.

Lebaran selalu dinantikan Oso, panggilan akrab Oesman Sapta. Terlebih saat ia kecil. Saat itu, Oso yang masih hidup serba kekurangan di desa, sangat berbahagia saat Lebaran. "Karena masa kecil saya masa yang susah, jadi dambaannya senang banget pas Lebaran. Karena pasti semua orang merayakan Lebaran. Jadi walaupun saya susah, pasti ikut serta merayakan Lebaran," papar dia.

Kenangan bahagia masa kecilnya saat Lebaran, yakni saat dibelikan baju baru oleh orang tuanya. Oso mengaku, untuk mendapatkan baju baru, jatahnya hanya satu tahun sekali, yakni saat Idul Fitri.

"Pasti kita dibelikan baju baru. Waktu kecil, itu senangnya minta ampun, senang dapat baju baru. Karena selama setahun kan tidak merasakan baju baru, hanya saat Lebaran saja," ungkapnya.

Beralih ke hidangan favorit. Oso bertutur, gemar menyantap gulai ikan sembilang dan sop kambing saat Idul Fitri. Tak hanya itu, Oso amat mencintai kampung halamannya. Kebahagiaan terpancar di wajah Oso, saat berbicara mengenai Sukada, kampung halamannya.

"Di Sukadana, Kalimantan Barat, pemadangannya indah sekali. Kampung saya lebih indah daripada Bali. Tapi popularitasnya jauh dari Bali. Orang baru sekarang mendengar nama kampung saya. Karena sekarang ada masjid cantik di atas laut. Itu kebanggaan kita kalau kembali ke kampung. Alangkah bahagianya orang punya kampung, yang sedih kalau tidak punya kampung," kata Oso, berkelakar.

Sejak 2016, Masjid Agung Oesman Al-Khair berdiri megah. Presiden Joko Widodo meresmikan masjid tersebut. Letaknya tak jauh dari kediaman Oso, di Sukadana, Kayong Utara, Pontianak, Kalimantan Barat.

Menyambut hari raya Idul Fitri, Oso mengajak masyarakat untuk membahagiakan anak yatim dengan bersedekah. "Kita harapkan, anak-anak yatim piatu pada hari baik dan bulan baik ini, mereka juga harus diberikan kebahagiaan. Mereka harus menikmati apa yang dinikmati oleh anak-anak yang punya orang tua," kata Oso, berpesan.


(ROS)