Kata Fadli Zon Soal 2 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Anindya Legia Putri    •    Senin, 17 Oct 2016 17:30 WIB
berita dpr
Kata Fadli Zon Soal 2 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK
Wakil Ketua DPR Fadli Zon. Foto: Metrotvnews.com/ Anindya Legia

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla genap berusia dua tahun pada 20 Oktober mendatang. Memasuki momen tersebut, Wakil Ketua DPR Fadli Zon justru melihat apa yang dicita-citakan masih jauh dari janji saat kampanye lalu.

"Apa yang menjadi cita-cita untuk merealisasikan janji kampanye masih jauh. Hampir di semua bidang," tandas Fadli Zon saat ditemui di Nusantara III DPR, Senin (17/10/2016).

Dari segi ekonomi, Fadli menilai jika sebagian masyarakat merasakan perekonomian negara yang semakin terpuruk. Hal tersebut ditunjang dengan kenaikan harga, daya beli masyarakat rendah, hingga membuat sulitnya mencari pekerjaan.

"Pada dasarnya, kehidupan semakin susah. Jarang menemukan kelompok masyarakat yang merasakan ada perbaikan-perbaikan di bidang ekonomi. Konstituen merasa kehidupan makin sulit," paparnya.

Sedangkan di bidang ekonomi, dirasa Fadli masih didominasi oleh keinginan untuk melakukan satu penguasaan, termasuk dalam kelompok atau parpol.
"Kehidupan politik kita relatif kurang sehat karena beberapa parpol dipecah belah. Ada jejak dari intervensi pemerintah sehingga kehidupan demokrasi kita masih diwarnai demokrasi yang diintervensi keinginan kekuasaan," ujar Fadli.

Di bidang hukum, disampaikan Fadli jika aspek ini pun berujung pada ketidakjelasan. "Secara singkat saya lihat hukum kita semakin tidak jelas. Hukum menjadi sangat tumpul ke atas, tajam ke bawah. Diskriminasi hukum terjadi di mana-mana. Korupsi besar terjadi di mana-mana. Disampaikan bahwa terdapat kerugian negara, namun tidak diusut. Tapi justru petty corruption dikejar," tegasnya.

Fadli pun meminta agar presiden dapat berhenti melakuka pencitraan. Karena hasil yang dirasakan masyarakat sangat minim.

"Presiden terlalu power oriented. Bukan bekerja sesuai apa yg diharapkan menjadi realitas. Dua tahun ini adalah presiden hanya pencitraan. Hasilnya cuma sedikit yang dirasakan masyarakat. Kita bangun infrastruktur, tapi jangan hanya dibatasi membangun beton. Termasuk infrastruktur pertanian, ekonomi. Harus yang berbasis pada keberdayaan dari manusianya," ucap Fadli.
Area lampiran



(ROS)