Blood Donation BEM UPH Kumpulkan 500 Kantong Darah

Pelangi Karismakristi    •    Jumat, 25 Nov 2016 18:44 WIB
beasiswa osc
Blood Donation BEM UPH Kumpulkan 500 Kantong Darah
Peserta Blood Donation yang sedang melakukan aksi donor darah bersama dengan petugas PMI. Foto: Dok. UPH

Metrotvnews.com, Karawaci: Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Pelita Harapan menggelar aksi donor darah bertajuk Blood Donation. Kali ini BEM UPH berhasil menggalang 500 kantong darah yang kemudian akan diberikan kepada PMI di Tangerang dan sekitarnya.

Ketua Panitia Calvin Adriel mengatakan bahwa acara Blood Donation ditujukan untuk internal UPH, yaitu mahasiswa dan anggota UPH lainnya. Agar menarik perhatian para pendonor, dirinya bersama panitia yang lain memiliki cara tersendiri.

Antara lain dengan membangun kesadaran dan menyodorkan fakta mengenai kekurangan kantong darah di Indonesia dan juga menanamkan kesadaran akan manfaat donor darah baik bagi diri sendiri, maupun orang lain yang membutuhkan.

"Melalui publikasi dan juga MC yang bertugas saat acara, kami mengingatkan manfaat donor darah untuk kesehatan dan memotivasi untuk berpartisipasi. Karena donor darah merupakan cara donasi termudah, dan murah. Sayaratnya hanya perlu sehat. Awareness ini yang ingin kita capai dan disadari khususnya oleh teman-teman mahasiswa," ungkap mahasiswa Teknik Industri 2015 ini.

Cara promosi demikian ternyata membuahkan hasil. Terbukti dengan jumlah partisipan Blood Donation pertama di tahun ajaran 2016/2017 meningkat dari sebelumnya pada Maret 2016, yang diikuti 574 peserta. Kali ini jumlah pendonor mencapai angka 700, begitupun jumlah kantong darah yang naik 25 persen.

"Jumlah peserta yang mendaftar masih di bawah target yang kami tetapkan yaitu 900 orang. Diantaranya karena factor cuaca dan publikasi yang sempat tertunda. Namun antusias peserta cukup tinggi. Umumnya dari mahasiswa dan staf, namun beberapa ada pula yang datang dari umum," tambah Calvin.

Blood Donation yang diselenggarakan pada 21-22 November 2016 ini, BEM UPH bekerja sama dengan 3 Palang Merah Indonesia (PMI) yaitu hari pertama PMI Cilegon, hari kedua PMI Serang dan Pandegelang, dan hari ketiga PMI Serang dan Cilegon. Total tempat tidur yang disediakan kali ini total 44 tempat tidur yaitu 10 dihari pertama, 16 dihari kedua, dan 18 dihari terakhir. 

Tema ‘Blood Donation’ yang pertama di tahun ajaran ini yaitu ‘Gift of Live, Give for Life’ memiliki makna bahwa darah adalah lambang kehidupan yang diberikan langsung oleh Tuhan, dan melalui blood donation ini kami mengajak mahasiswa, staf dan juga public untuk memberi bagi kehidupan orang lain yang membutuhkan. 

"Ke depannya, untuk tahun ajaran 2016/2017, kami (BEM) berencana mengadakan dua kali Blood Donation di tahun 2017," tutup Calvin.



(ROS)