Pemerintah Diminta Mewaspadai Banjir Bandang di Palu

Putri Anisa Yuliani    •    Kamis, 11 Oct 2018 18:46 WIB
gempatsunamiGempa Donggala
Pemerintah Diminta Mewaspadai Banjir Bandang di Palu
Kehancuran akibat gempa dan tsunami di kota Palu, Sulawesi Tengah, 30 September 2018. Foto AFP

Jakarta: Pemerintah diminta mewaspadai potensi banjir pascagempa bumi di Kota Palu, Sulawesi Tengah. Curah hujan dengan intensitas tinggi akan melanda Indonesia termasuk Palu pada November 2018.
 
Peneliti hidrometeorologi Badan Informasi Geospasial (BIG) Yosef Prihanto mengatakan potensi bencana banjir bisa terjadi akibat rusaknya hulu-hulu sungai serta daerah aliran sungai.
 
"Potensinya bisa terjadi banjir bandang. Terlebih lagi karena gempa ada wilayah-wilayah cekung menjadi di bawah permukaan dan drainase juga kemungkinan rusak," kata Yosef di Jakarta Selatan, Kamis, 11 Oktober 2018.
 
Potensi hujan ekstrim dibenarkan Deputi Meteorologi BMKG Mulyono Prabowo. Hujan akan mengguyur sebagian besar wilayah Indonesia termasuk Sulawesi pada awal November. Saat ini Indonesia masih mengalami fenomena el nino.
 
"Dengan el nino dan diprediksi akan belangsung hingga Maret 2019, awal musim hujan 2018-2019 menjadi mundur. Awal musim hujan diprediksi mulai November 2018 di sebagian wilayah Indonesia," kata Mulyono kepada Media Indonesia.
 
Mulyono menekankan hal yang perlu menjadi perhatian adalah masa transisi dari kemarau ke musim hujan. Potensi hujan dengan intensitas tinggi dapat terjadi tiba-tiba meski durasinya pendek.
 
"Hujan ini bisa saja diawali angin kencang disertai petir. Kondisi transisi ini dapat terjadi pada akhir Oktober sampai awal November," kata Mulyono.

Baca: PMI: Relawan Asing Belum Diperlukan di Palu

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengaku telah mewaspadai potensi hujan dan banjir yang bisa menerjang korban gempa.
 
"Kami ingin mempercepat pembangunan hunian sementara. Kami sudah peringatkan petugas di posko-posko pengungsian bagaimana saluran dan tenda pengungsi itu aman. Medis dan logistik selimut juga diperbanyak. Karena saat musim hujan penyakit lebih banyak," kata Sutopo.




(FZN)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA