Muhadjir Yakin Sekolah Tindak Siswa yang Tolak Pelajaran Pancasila

Dheri Agriesta    •    Rabu, 16 May 2018 13:54 WIB
terorisme
Muhadjir Yakin Sekolah Tindak Siswa yang Tolak Pelajaran Pancasila
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy

Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy membantah anak pengebom tiga gereja di Surabaya menolak pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Sekolah pasti akan menindak jika hal itu terjadi. 

"Karena kalau betul-betul terjadi pasti sekolah sudah menindak, apalagi anak kecil enggak mau ikut PMP, enggak mau nyanyi (Indonesia Raya), saya jamin sekolah pasti (menindak)," kata Muhadjir di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu, 16 Mei 2018. 

Muhadjir telah bertemu kepala sekolah dan guru dari anak pelaku teror di Surabaya. Tak ada kesan buruk yang diingat guru. 

Anak paling tua dikenal periang di sekolah, sedangkan anak kedua dikenal pendiam. Sang kakak, bahkan sering menjadi pemimpin upacara bendera. 

"Jadi enggak ada tanda anak-anak itu melakukan penyimpangan, tapi kalau benar terjadi guru pasti tahu, kan enggak naik kelas kalau enggak ikut PMP," jelas Muhadjir.

(Baca juga: Mendikbud Bantah Anak Terduga Teroris Tolak Belajar PKN)

Kemendikbud akan mengawasi siswa yang berada di sekolah di bawah mereka. Pengawasan akan sulit dilakukan jika anak-anak itu tak sekolah. 

Muhadjir mencontohkan salah satu anak keluarga teroris di Wonocolo, Sidoarjo. Orang tua melarang anak-anak itu bersekolah. 

"Enggak sekolah itu, anak-anak itu enggak dibolehkan sekolah sama orangtuanya," kata Muhadjir. 

Sebelumnya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan anak pasangan Dita Oepriarto dan Puji Kuswari tak mau mengikuti pelajaran PPKn. Anak pasangan pelaku teror tiga gereja di Surabaya itu pun menolak mengikuti upacara bendera.

(Baca juga: Anak Terduga Teroris Dapat Santunan)
 


(REN)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

6 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA