Pentingnya Riset Dalam Kegiatan Jurnalistik

Kautsar Widya Prabowo    •    Kamis, 13 Sep 2018 20:37 WIB
metro tvjurnalistik
Pentingnya Riset Dalam Kegiatan Jurnalistik
Jurnalis senior Metro TV Fifi Aleyda Yahya (tengah) saat memberikan pelatihan jurnalistik. Medcom.id/ Kautsar W P

Jakarta: Jurnalis senior Metro TV Fifi Aleyda Yahya berbagai ilmu menjadi jurnalis profesional pada santri dan santriwati di Pondok Pesantren (Ponpes) Luhur Al Tsaqafah, Jagakarsa.

Salah satu yang ia tekankan adalah pentingnya melakukan riset terlebih dahulu terkait isu apa yang hendak diliput sebelum terjun ke lapangan. 

"Misalnya pelantikan Gubernur Jawa Barat, anda harus kuasai dulu latar belakangnya. Jadi ketika anda pergi meliput ke sebuah tempat tidak kosong (pengetahuannya) ," kata Fifi di Aula Ponpes Luhur Al Tsaqafah, Jakarta Selatan, Kamis, 13 September 2018. 

Dalam melakukan riset Fifi menyarankan agar menggunakan media internet sebijak mungkin. Selain itu bisa juga membaca melalui media cetak.

Selain itu Fifi yang juga menjabat sebagai Head of Corporate Communications Metro TV menenkakan petingnya bahasa tubuh. Ia mencontohkan jika seorang reporter tengah berbincang dengan narasumber maka ada baiknya tangan reporter tersebut tidak dimasukkan ke dalam kantong celana sebab akan dianggap tidak sopan.

"Jurnalis banyak riset tapi dia juga memiliki integritas ," ujar dia.

Lebih lanjut digelarnya pelatihan ini dengan sasaran anak muda, diharapakan setiap generasi muda dapat terinspirasi dan memiliki keinginan untuk menjadi jurnalis atau profesi yang berguna saat terjun di tengah masyarakat.

"Tentu ilmu jurnalistik menjadi bagian profesi di tengah masyarakat ," jelas dia.



(SCI)