Proyek Tol Manado-Bitung Longsor Diduga Akibat Cor Basah

Dhaifurrakhman Abas    •    Selasa, 17 Apr 2018 19:52 WIB
longsor
Proyek Tol Manado-Bitung Longsor Diduga Akibat Cor Basah
Proses evakuasi korban yang tertimbun longsoran material bangunan tol Manado-Bitung, Sulut pada Selasa, 17 April 2018. (Foto: Istimewa)

Jakarta: Proyek Tol Manado-Bitung, Sulawesi Utara longsor pada Selasa, 17 April 2018 sekitar pukul 14.30 WITA. Kejadian itu diduga akibat coran yang masih basah. 

"Iya (longsor). Informasinya saya belum dapat, tapi seperti itu," kata Direktur Jembatan Ditjen Bina Marga Iwan Zarkasi, kepada Medcom.id, di Gedung Bina Marga, Jakarta Selatan, Selasa, 17 April 2018.

Iwan menuturkan longsor terjadi saat pekerja sedang mengerjakan pengecoran beton tiang sokongan. Namun, beton yang dicor tersebut masih dalam keadaan basah dan menyebabkan tiang sokongan longsor hingga menimpa pekerja proyek.

"Karena beton basah itu lebih berat karena masih ada airnya dan sebagainya. Padahal yang namanya ngecor dengan beton basah dan kemudian ada satu yang enggak kuat itu terdampak ke tiangnya," beber dia.

Lebih lanjut, Iwan mengatakan, pihaknya akan segera mengevaluasi metode kerja mega proyek besutan Wijaya Karya tersebut. Namun sebelum itu dilakukan, pihaknya akan menerjunkan tim menginvestigasi lebih lanjut penyebab pasti longsornya proyek tol di Pulau Sulawesi tersebut.

Akibat kejadian itu 21 orang mengalami luka-luka, tiga di antaranya tertimpa coran. 

(Baca juga: Longsoran Tol Manado-Bitung Akibatkan Belasan Pekerja Terluka)


 


(REN)