Kelakar Kalla Perihal Suami Dijajah Istri

Dheri Agriesta    •    Rabu, 19 Dec 2018 15:38 WIB
jusuf kallawapres jkkesetaraan gender
Kelakar Kalla Perihal Suami Dijajah Istri
Wakil Presiden Jusuf Kalla saat memberikan selamat kepada para penerima penghargaan. Foto: Tim media Wapres

Jakarta: Pemerintah Sumatera Barat (Sumbar) meraih penghargaan kategori utama anugerah Parahita Ekapraya 2018. Penghargaan diberikan kepada pemerintah daerah yang berkontribusi mewujudkan kesetaraan gender.

Menurut Kalla, hal wajar Sumbar diganjar Prahita Ekapraya. Apalagi, masyarakat Minangkabau menganut sistem matrilineal atau garis keturunan berdasarkan ibu.

"Kalau Sumbar mendapat itu bukan berita, di situ peranan perempuan lebih tinggi daripada laki-laki," kata Kalla di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu, 19 Desember 2018.

Kalla pun menuturkan pengalamannya beristri perempuan Minang. Ia menyebut dirinya merupakan ketua Persatuan Sumando Seluruh Indonesia. "Saya ini ketua PSSI, Persatuan Sumando Seluruh Indonesia. Sumando itu kalau istrinya orang Minang," kata Kalla.

Ada banyak lelaki luar yang memperistri perempuan Minang. Anggota PSSI, kata dia, cukup banyak. Kalla berkelakar hampir seluruh anggota PSSI mengira mereka dijajah istri.

"Karena peranan perempuan lebih tinggi," Kalla disambut tawa undangan.

Kalla mengapresiasi peranan perempuan di Sumbar. Ia bahkan sempat bercanda seharusnya ada sebuah dinas yang mengurusi pemberdayaan laki-laki.

"Kalau di Minang mestinya ada Dinas Pemberdayaan Laki-laki supaya perempuan tidak tertindas," kata Kalla sembari tertawa.

Terdapat lima kategori anugerah Parahita Ekapraya, di antaranya utama, madya, pratama, kategori khusus, dan kategori mentor.

Baca: Sumbar dan Jakarta Raih Penghargaan Parahita Ekapraya

Penghargaan kategori utama diraih Kementerian Dalam Negeri, Pemerintah Kepulauan Riau, Jawa Barat, DKI Jakarta, Lampung, Banten, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Sulawesi Utara.

Penghargaan kategori madya diberikan kepada Kementerian Koperasi dan UKM, Pemerintah Riau, Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Barat.

Sedangkan penghargaan kategori pratama diberikan kepada pemerintah Sulawesi Tengah dan Gorontalo.

Sementara itu, penghargaan kategori khusus dan kategori mentor diberikan Kalla kepada Menteri Dalam Negeri Tjahjo, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yambise.

Pemerintah provinsi yang mendapat penghargaan kategori khusus dan kategori mentor adalah Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Sulawesi Selatan.


(YDH)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

1 month Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA