IDC Janji Transfer Hasil Penggalangan Dana ke Keluarga Zoya

Whisnu Mardiansyah    •    Kamis, 07 Sep 2017 19:51 WIB
kekerasan
IDC Janji Transfer Hasil Penggalangan Dana ke Keluarga Zoya
Siti Zubaedah, istri almarhum Zoya. Foto: MTVN/Whisnu Mardiansyah

Metrotvnews.com, Jakarta: Yayasan Infaq Dakwah Center (IDC) mendapatkan Rp651 juta dari hasil penggalangan dana untuk keluarga almarhum Muhammad Al-Zahra alias Zoya. Namun dana tidak diserahkan secara tunai ke keluarga almarhum.

Dari total dana tersebut, Rp251 juta dialokasikan untuk pembelian rumah layak untuk istri almarhum Zoya, Siti Zubaedah, dan anaknya Alif. Sisanya dialokasikan untuk program peduli yatim IDC. Ketua Yayasan IDC Mulyadi Abdul Gani mengatakan pengalihan dana untuk program anak yatim atas inisiatif istri almarhum.

Namun, belakangan hasil dana penggalangan dana tersebut belum diterima oleh keluarga almarhum. Mulyadi, berasalan hasil penggalangan dana untuk keluarga almarhum sebesar Rp251 juta akan ditransfer usai proses pembelian rumah tuntas.

"Intinya dana Rp251.582.000 sudah pasti harus dicairkan saat pelunasan rumah, sesuai akad," kata Mulyadi kepada Metrotvnews.com, Kamis 7 September 2017.


Foto: Dok/Istimewa

Mulyadi menjelaskan alasan hasil penggalangan dana tak diserahkan tunai sesuai kesepakatan tertulis antara kedua belah pihak. Akad tersebut ditandatangani keluarga almarhum dan disaksikan oleh pengacara dan pihak yayasan.

"Dana dari pihak kesatu tersebut akan diserahkan ke pihak kedua setelah pihak kedua mendapatkan rumah yang cocok untuk dibeli. Dana akan ditransfer ke Bank BRI dengan nomor rekening 0849-0104-3363-538 atas nama Siti Jubaedah" demikian bunyi akad itu.

Bila harga rumah ternyata di atas harga yang telah disepakati dalam akad, lanjut dia, IDC siap menanggung dana lebihnya. Namun, bila harga rumah dibawah harga akad, sisa dana akan diserahkan ke keluarga almarhum.

"Bisa dimanfaatkan untuk modal usaha dan sebagainya," ujarnya.

Kata Mulyadi, rumah yang akan dibelikan untuk keluarga almarhum sampai saat ini belum terealisasi. Dari empat rumah yang diusulkan oleh keluarga almarhum sudah disurvei namun belum menemui kata sepakat.

"Karena kendala surat-surat yang bermasalah,  bangunan yang tidak layak, dan sebagainya," kata dia.


(MBM)

Rekam Jejak Hakim Praperadilan Setya Novanto

Rekam Jejak Hakim Praperadilan Setya Novanto

47 minutes Ago

Wakil Ketua PN Jakarta Selatan Kusno ditunjuk sebagai Hakim Tunggal praperadilan Setya Novanto …

BERITA LAINNYA