Komisi X DPR Perjuangkan Penambahan Anggaran Perpusnas Rp1,325 triliun

Anggitondi Martaon    •    Rabu, 19 Oct 2016 18:34 WIB
berita dpr
Komisi X DPR Perjuangkan Penambahan Anggaran Perpusnas Rp1,325 triliun
Perpusnas. Foto: Metrotvnews.com/ Pelangi Karismakristi

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi X DPR RI berkomitmen akan memperjuangkan penambahan anggaran yang diajukan oleh  Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI sebesar Rp1,325 triliun. 

Sebab, pagu anggaran yang diajukan sebesar Rp563.810.997.000 dinilai belum mampu menunjang tugas pokok Perpusnas untuk melayani seluruh perpustakaan di Indonesia. 

"Tadi semangat kawan-kawan adalah upaya memberikan dukungan karena penjelasan mereka idealnya adalah sebesar Rp1,3 triliun. Jadi, tambahnya Rp1,3 triliun ini yang kita usulkan," kata Ketua Komisi X DPR RI Teuku Riefky Harsya, di Gedung Nusantara I, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (19/10/2016).

‎Politikus Demokrat itu mengungkapkan, pihaknya sadar bahwa penambahan anggaran sebesar Rp1,325 triliun‎ akan sulit direalisasikan. Mengingat, kondisi perekonomian nasional saat ini belum membaik. 

Oleh karena itu, jika usulan tambahan anggaran tersebut mendapat persetujuan dari Banggar DPR RI, maka Komisi X ‎sepakat bahwa pagu anggaran Perpusnas RI pada RAPBN 2017 menjadi sebesar Rp563.810.997.000.

"Kita paham, kondisi perekonomian saat ini kemungkinan besar tidak bisa mencapai angka tersebut, tetapi kita akan lihat berapa besar yang bisa diupayakan," kata Riefky.

Nantinya, penambahan anggaran tersebut akan dialokasikan untuk ‎sembilan program yang telah disepakati antara Komisi X dan Perpusnas RI. Sembilan program tersebut meliputi:

1. Ekosistem perpustakaan‎
2. Peningkatan literasi
3. Layanan perpustakaan berbasis digital
4. Akses layanan baca untuk masyarakat yang tidak terkoneksi internet
5. Diversifikasi layanan perpustakaan
6. Pengembangan bahan perpustakaan
7. Peningkatan jumlah dan kualitas pustakawan
8. Perpustakaan keliling
9. Rencana revisi UU nomor 4 tahun 1990 tentang SS-KCKR



(ROS)