Bangun Kesadaran Keselamatan Kerja, KBRI Singapura Sosialisasi K3 kepada TKI

M Studio    •    Rabu, 19 Oct 2016 17:53 WIB
kbri singapura
Bangun Kesadaran Keselamatan Kerja, KBRI Singapura Sosialisasi K3 kepada TKI
KBRI Singapura sosialisasi K3 kepada TKI (Foto:Dok. KBRI Singapura)

Metrotvnews.com, Jakarta: KBRI Singapura bekerja sama dengan Neighbourhood Police Center (NPC), Ministry of Manpower (MOM) Building and Construction Authority (BCA) dan Nasional Environment Agency (NEA) melakukan sosialisasi kepada Tenaga Kerja Indonesia (TKI) khususnya Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT) yang bekerja di Negeri Singa. 

Sosialisasi yang bertajuk Safety Awareness ini bertujuan membangun kesadaran keselamatan kerja para PLRT. Hal ini dilakukan mengingat jumlah PLRT cukup besar dan minimnya informasi yang didapat mengenai kesehatan dan keselamatan kerja. 

Padahal permasalahan seperti itu akan selalu terjadi di lingkungan kerja. Oleh karena itu, untuk menambah wawasan PLRT terkait permasalahan kerja, sosialisasi K3 menekankan informasi tentang lingkungan kerja yang tidak bersih, pemahaman standar konstruksi dan sistem keamanan bangunan di Singapura, hingga ketentuan aturan yang boleh dan tidak boleh dilanggar.


Sosialisasi Safety Awareness kepada TKI di Singapura (Foto:Dok.KBRI Singapura)

Dengan demikian, diharapkan Safety Awareness ini diharapkan bisa memberikan kepedulian dan kesadaran bagi PLRT terhadap kesehatan dan keselamatan kerja. Sehingga terjalin hubungan kerja yang harmonis dan saling memberikan perlindungan serta mencegah dari hal yang dapat merugikan dua belah pihak, baik PLRT maupun majikannya.

Tak hanya itu saja, kegiatan ini juga memberikan informasi dan himbauan kepada PLRT atas kewaspadaan terhadap beberapa kejahatan yang sedang marak terjadi sehingga mengakibatkan kerugian. Di antaranya penipuan melalui SMS, telepon atau cyber crime yang mengatasnamakan pihak tertentu yang dilakukan oleh oknum tak bertanggung jawab.

PLRT pun menyambut positif yang baik terhadap acara yang diselenggarakan oleh KBRI Singapura ini. Hal ini terbukti dengan membludaknya peserta yang mengikuti sosialisasi K3.


(ROS)