Guru Mulia karena Lahirkan Orang Hebat

Yogi Bayu Aji    •    Minggu, 27 Nov 2016 18:11 WIB
hari guru nasional
<i>Guru Mulia karena Lahirkan Orang Hebat</i>
Presiden Joko Widodo pada acara puncak peringatan hari guru nasional dan HUT ke-71 PGRI di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat -- MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menilai guru adalah pekerjaan mulia. Pasalnya, guru membuat seseorang menjadi orang yang bermanfaat.

"Intinya, guru mulia karena karya dan setiap karya hadir di tengah kita karena orang hebat. Orang hebat lahir karena guru. Guru mulia bukan hanya karya semata. Tapi, juga karena guru melahirkan orang hebat yang melahirkan banyak karya," kata Lukman di Sentul International Convention Center (SICC), Jalan Jenderal Sudirman Nomor 1, Sentul City, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/11/2016).

Menurut dia, Indonesia perlu bersyukur masih ditunjang keberadaan guru yang jumlahnya relatif mencukupi. Di luar itu, guru Indonesia dinilai memiliki keikhlasan luar biasa.

"Keikhlasan guru itu wujud dari rasa cinta guru terhadap generasi yang akan datang yang akan melanjutkan Keindonesiaan kita," jelas dia.

Guru Indonesia, jelas dia, kini punya tugas untuk terus memelihara Bhineka Tunggal Ika. Guru perlu menjaga keberagaman dan persatuan bangsa.

Pemerintah, kata Lukman, dengan berbagai cara mencoba mengembangkan kualitas guru, baik di sekolah negeri maupun sekolah berbasis agama. Salah satu yang diinginkan adalah memperbaiki metodologi dan kemampuan guru untuk menyampaikan mata pelajaran.

"Pemerintah juga berupaya meningkatkan kesejahteraan guru dengan begitu guru tidak lagi disibukkan dengan hal yang di luar pendidikan. Dengan begitu, konsentrasi guru bisa fokus mendidik para peserta didik," pungkas dia.


(NIN)

Minimnya Blanko Diduga Penyebab Warga tak Miliki KTP-el

Minimnya Blanko Diduga Penyebab Warga tak Miliki KTP-el

28 minutes Ago

Selain itu, sosialisasi terkait kelonggaran peraturan kemungkinan tak diketahui seluruh warga D…

BERITA LAINNYA