Pil PCC Sudah Lama Beredar di Jakarta

Lis Pratiwi    •    Jumat, 15 Sep 2017 14:53 WIB
obat berbahaya
Pil PCC Sudah Lama Beredar di Jakarta
Ilustrasi/Metrotvnews.com-M Rizal

Metrotvnews.com, Jakarta: Korban pil paracetamol cafein carisoprodol atau PCC di Kendari, Sulawesi Tenggara, menjadi perhatian pemerintah. Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Koesmedi Priharto mengatakan sebenarnya pil ini tak berbahaya, kecuali dikonsumsi berlebihan.

"Pil itu kalau diminum terlalu banyak bisa sampai meninggal. Kalau minum 10 biji, ya, pasti berbahaya," kata Koesmedi di Kantor Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Petojo, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat 15 September 2017.

Menurutnya, PCC merupat obat penghilang rasa sakit. Ia menyarankan pihak yang mengkonsumsi PCC untuk menggunakan sewajarnya.

"Minum obat itu kalau sakit, kalau tidak, ya, jangan. Kalau obat itu harusnya diminum cuma dua atau tiga kali. Jangan diminum sampai 10 atau 15 kali," imbuhnya.

Koesmedi menuturkan, pil PCC sudah lama beredar di Jakarta karena pil ini legal dan bisa didapat dengan resep dokter. "Ada di Jakarta karena bukan obat terlarang. Tapi, tetap peredarannya diawasi oleh BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan)," katanya.

Baca: BPKN Desak BPOM Intesif Awasi Peredaran Obat

Sebelumnya, puluhan anak berusia 15-22 tahun dilarikan ke sejumlah rumah sakit di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, karena mengalami gejala gangguan mental usai mengonsumsi obat-obatan, seperti somadril, tramadol, dan PCC.

Ketiga jenis obat itu dicampur dan diminum secara bersamaan dengan menggunakan minuman keras oplosan. Akibatnya, seorang siswa kelas 6 sekolah dasar meninggal. Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Kendari paling banyak menangani korban.

Hingga 14 September pukul 14.00 WIB, Kementerian Kesehatan mencatat ada 60 korban penyalahgunaan obat-obatan yang dirawat di tiga RS, yakni RS Jiwa Kendari (46 orang), RS Kota Kendari (9 orang), dan RS Provinsi Bahteramas (5 orang). Sebanyak 32 korban dirawat jalan, 25 korban rawat inap, dan 3 orang lainnya dirujuk ke RS Jiwa Kendari.




(UWA)

Golkar Tetap Bersiap untuk Pilkada Walau Badai Menghadang

Golkar Tetap Bersiap untuk Pilkada Walau Badai Menghadang

37 minutes Ago

Partai Golkar tengah diterjang badai saat Ketua Umum Setya Novanto ditahan karena tersandung ka…

BERITA LAINNYA