Media Indonesia Latih Siswa SD Jadi Reporter Cilik

Siti Yona Hukmana    •    Rabu, 25 Jul 2018 10:56 WIB
media indonesia
<i>Media Indonesia</i> Latih Siswa SD Jadi Reporter Cilik
Pelatihan Reporter Cilik Media Indonesia. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana.

Jakarta: Pelatihan Reporter Cilik Media Indonesia kembali digelar oleh harian Media Indonesia. Pada angkatan ke-13, peserta berasal dari sekolah dasar (SD) di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama Media Indonesia Firdaus Dayat mengatakan kegiatan ini adalah bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan (CSR). Media Indonesia ingin membentuk seorang reporter cilik. 

"Anak-anak ini total ada 31 orang yang angkatan ini. Mereka nantinya kita bentuk menjadi reporter cilik dan ke depannya bisa mengisi rubrik anak di Media Indonesia," kata Firdaus di Ruang Rapat Besar, Lobi 3, Media Indonesia, Jakarta Barat, Rabu, 25 Juli 2018.

Menurut dia, 31 orang siswa yang ikut kegiatan disaring dari 91 siswa yang ikut seleksi. Penyaringannya, kata dia, dilakukan melalui penilaian tulisan. 

"Siswa ini menulis karangan dengan tema 'Aku Anak Indonesia, Cinta Produk Indonesia' sesuai dengan tema kita saat ini. Nah, dari 91 (yang mengirim tulisan), ada 31 orang yang dinyatakan memenuhi syarat," ujar Firdaus.

Firdaus menambahkan tema industri dianggap tepat untuk menggenjot industri pers. Pelatihan reporter cilik diharap membangkitkan semangat industri pers.

"Bagaimana dia nanti mencari berita dan nanti kita arahkan ke depannya mencari berita di lingkungan industri," beber dia.

Selain itu, ia berharap anak-anak Indonesia melek berita. Dengan begitu, ia meyakini bisa memerangi berita bohong yang marak beredar.

Baca: HUT ke-48, Media Indonesia Gelar Festival Kopi

"Karena kalau kita lihat perkembangan teknologi sekarang anak-anak itu kan lebih banyak mengarah ke gadget. Jadi, kalau seandainya dari kecil sudah diarahkan untuk mencari berita yang benar, mudah-mudahan ke depannya anak-anak ini enggak terpengaruh oleh berita hoaks," terang Firdaus.

Rangkaian kegiatan pelatihan reporter cilik akan dimulai dengan pelatihan jurnalistik. Peserta juga akan mewawancarai Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan berkunjung ke industri makanan. 

"Jadi, setelah pelatihan ini kita sudah tentukan untuk kita ajak ke lapangan," jelas dia.





(OGI)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA