Menpan RB Sedang Memperbaiki Sistem Penerimaan PNS

Dian Ihsan Siregar    •    Rabu, 11 Jul 2018 07:16 WIB
penerimaan pns
Menpan RB Sedang Memperbaiki Sistem Penerimaan PNS
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB), Asman Abnur - MI/Susanto.

Jakrata: Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Asman Abnur menyatakan, dirinya sedang memperbaiki sistem penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Jika sistem sudah bagus, maka PNS yang didapatkan merupakan pekerja yang berkualitas dan memiliki performa yang baik.

"Kami sedang konsentrasi perbaiki ASN. Tidak boleh lagi masuk PNS tanpa tes. Kalau salah rekrut sesal 30 tahun. Absen ada terus, tapi tidak ada manfaat yang diperoleh," kata Asman ‎dalam acara IDF 20‎18 di Hotel Ritz Carlton Kuningan, Jakarta, Selasa, 10 Juli 2018.

Asman menjelaskan, jumlah PNS juga disesuaikan‎ dengan kebutuhan setiap wilayah yang ada di Indonesia. Jangan sampai suatu daerah mempunyai potensi pariwisata, tapi banyak dijabat oleh PNS bidang yang lain, bahkan sama sekali tidak mempunyai keterkaitan.

"Jadi kalau daerah ‎potensi pariwisata harus tahu wisata orang yang direkrut. Contoh saja, ada unit perhubungan yang dipimpin oleh guru agama," ungkap Asman.

Asman melanjutkan, pemerintah lewat peluncuran sistem perizinan terintegrasi online atau online single submission (OSS) sedang berbagai memperbaiki banyak kekurangan di daerah.

Dengan begitu, semua kebutuh‎an yang ada di daerah bisa disampaikan langsung ke pemerintah yang ada di pusat. Hasilnya, semua pelaksanaan bisa efektif dan efisien.

"Sistem IT (OSS) bisa terintegrasi, tidak ada lagi daerah yang tidak terhubung dengan pusat. Jadi kepala daerah bisa ajukan langsung kebutuhan yang diinginkan tanpa harus pergi ke Jakarta. Itu yang akan dilakukan," pungkas Asman.


(DEN)