BMKG Prediksi Gempa Susulan Masih Akan Terjadi

   •    Sabtu, 29 Sep 2018 08:14 WIB
Gempa Donggala
BMKG Prediksi Gempa Susulan Masih Akan Terjadi
Seorang anak melintas di depan rumah yang roboh akibat gempa di Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9). (ANTARA/HO/BNPB-Sutopo Purwo N)

Jakarta: Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Rahmat Triyono memprediksi gempa susulan akan terus terjadi di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah.

Sejak gempa utama berkekuatan 7,4 skala richter yang menimbulkan tsunami kemarin, tercatat sudah ada 87 kali gempa susulan yang melanda dua wilayah tersebut.

"Sampai hari ini tercatat 87 kali gempa susulan namun kami belum dapat informasi detail berapa kali yang dirasakan," ujarnya dalam Breaking News Metro TV, Sabtu, 29 September 2018.

Rahmat mengatakan pihaknya kesulitan untuk berkoordinasi dan berkomunikasi dengan BMKG Palu untuk memperbarui informasi terkait gempa susulan. 

Namun ia memastikan intensitas gempa susulan akan terus dipantau dan boleh jadi akan sama dengan yang pernah terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, lebih kecil, atau lebih banyak dari itu.

"Sepanjang gempa susulan tidak signifikan tidak ada yang melebihi gempa utama insyaallah tidak terjadi tsunami meskipun pantauan kami tren gempa masih fluktuatif," ungkapnya.




(MEL)