Anggota Geng Motor Amerika Didominasi Pelajar

Riyan Ferdianto    •    Rabu, 30 Nov 2016 15:37 WIB
geng motor
Anggota Geng Motor Amerika Didominasi Pelajar
Ilustrasi--Sejumlah pemuda dari bermacam geng motor berkumpul ditepi jalan untuk menyaksikan balap liar di kawasan Cipinang,Jakarta Timur--MI/Ramdani

Metrotvnews.com Jakarta: Seorang pelajar di Cipayung, Jakarta Timur, ditangkap polisi. Pelajar itu ditangkap setelah membacok pemuda hingga tewas. Rupanya pelajar itu tergabung dalam geng motor Amerika.

Yang mengejutkan, ternyata kekerasan yang dilakukan pelajar itu merupakan tes untuk bisa tergabung dalam geng motor Amerika. Anggota geng ini didominasi pelajar belasan tahun.

"Kebanyakan anggotanya pelajar di Jakarta Timur," kata Bayu, 24, salah satu anggota kelompok motor di Pasar Rebo, Ciracas, Jakarta Timur, Rabu (30/11/2016).

Bayu menjelaskan, geng motor Amerika tersohor lantaran aksinya yang ugal-ugalan. Juga sering merampok. "Tidak hanya melakukan perampokan, namun juga melakukan kekerasan jika ada yang melawan, bahkan tidak segan-segan untuk membunuh," ujar Bayu.

Baca: Geng Motor di Cipayung Mengamuk, Satu Orang Tewas

Bayu tidak mengetahui awal mula geng motor Amerika terbentuk. Yang ia tahu nama Amerika merupakan sebuah singkatan. "Kalau tidak salah Amerika itu singkatan dari 'Anak Merdeka Kalisari', dari daerah deket Cijantung, Jakarta Timur," ucapnya.

Geng motor Amerika, menurut Bayu, tidak asing bagi warga Jakarta Timur. Kelompok geng motor itu kerap berkonvoi saat malam Minggu dan malam Senin. "Biasanya konvoi di atas pukul 23.00 WIB sampai Subuh," ucapnya.

Sebelumnya, polisi membekuk seorang pelajar berusia 17 tahun di Jakara Timur. Pelajar itu membacok korbanya di Cipayung, Jakarta Timur, 20 November.

4 Oktober lalu, anggota geng motor Amerika, Oktaf Andritanto alias Poter, tewas. Oktaf tewas akibat tiga luka tusukan saat diserang lima kelompok geng motor, Dandre's, Valem, Gerbatus, Serdadu, dan Bedeng di bawah jembatan Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Kanit I Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kompol Doffie Falhlevi Sanjaya menjelaskan, Korban mengalami tusukan di kepala, dada dan punggung.

Baca: Satu Anggota Geng Motor Amerika Tewas di Pasar Rebo

Menurut Doffie, korban tewas juga telah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) di Polda Metro Jaya. Korban berulangkali melakukan tindak kejahatan di kawasan Jakarta Timur.

Selain Oktaf, satu anggota geng motor Amerika lain bernama Calvin Faldi Mainaky mengalami luka parah akibat bacokan saat terjadi penyerangan dan harus dilarikan ke rumah sakit.


(YDH)