Beasiswa Bidikmisi 2019

Informasi Bidikmisi Kini Bisa Diakses Lewat Aplikasi

Intan Yunelia    •    Senin, 14 Jan 2019 13:19 WIB
Pendidikan TinggiBeasiswa Bidikmisi
Informasi Bidikmisi Kini Bisa Diakses Lewat Aplikasi
Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemenristekdikti, Ismunandar, Medcom.id/Intan Yunelia.

Jakarta: Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) akan mengembangkan layanan aplikasi Bidikmisi Apps. Aplikasi ini berisi informasi dan data diri penerima beasiswa program Bidikmisi.

"Bidikmisi Apps memiliki fitur profil data diri, prestasi mahasiswa, informasi pencairan dan pembayaran elektronik, tracer study, informasi terbaru serta fitur lapor, yang diharapkan akan mempermudah penerima mendapatkan informasi mengenai Bidikmisi," kata Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Ismunandar saat Konferensi Pers tentang Kebijakan Beasiswa Bidikmisi di Tahun Anggaran 2019 "Peningkatan Kuota Bidikmisi Tahun 2019" di Gedung D Kemenristekdikti, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin, 14 Januari 2019.

Baca: Penerima Bidikmisi Naik 50% Tahun Depan

Sementara itu, untuk pendaftaran calon mahasiswa Bidikmisi tahun 2019 dibuka melalui beberapa jalur seleksi. Di antaranya,  Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK-PN), Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) serta Seleksi Mandiri pada Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta. 

Mekanisme pendaftaran Bidikmisi melalui jalur seleksi SNMPTN dan SBMPTN pada tahun 2019 mengalami perubahan dibandingkan dengan 2018. Karena adanya transformasi dalam sistem seleksi penerimaan mahasiswa baru, tahun ini pemerintah membentuk Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). 

"Dalam proses ini calon penerima Bidikmisi wajib terdaftar pada sistem dengan memasukkan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) yang valid," terang Ismunandar.

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan tinggi yang diberikan pemerintah melalui Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) kepada mahasiswa yang memiliki keterbatasan kemampuan ekonomi.   Beasiswa ini berbeda dari beasiswa lain yang berfokus pada memberikan penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi. 


(CEU)