Protes Keputusan Trump, Anies Kenakan Syal Palestina

Nur Azizah    •    Jumat, 08 Dec 2017 12:37 WIB
israel palestinadonald trumppalestina israel
Protes Keputusan Trump, Anies Kenakan Syal Palestina
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengenakan syal dengan motif bendera Palestina - Medcom.id/Nur Azizah.

Jakarta: Setelah Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi kini giliran Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengenakan syal bendera Palestina. Anies memadukan syal tersebut dengan baju koko dan peci hitam.

Anies mengatakan, syal yang ia kenakan sebagai ungkapan protes terhadap keputusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Pada 6 Desember, Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. 

"Tentu kita semua sakit dengan keputusan yang dibuat Presiden Trump," kata Anies di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Jumat, 8 Desember 2017.

Mantan Menteri Pendidikan RI ini mendukung sikap Presiden Joko Widodo. Pemerintah Indonesia tetap berpegang teguh mendukung kemerdekaan Palestina dari penjajahan Israel.

"Kita dukung sikap tegas dari Pak Jokowi dan Bu Retno. Saya mengekspresikan dukungan itu dengan menggunakan syal ini," ujar dia.

(Baca juga: Syal dan Dukungan Kuat Menlu Retno untuk Palestina)

Sebelumnya, Presiden Joko widodo mengecam keras pengakuan sepihak Pemerintah Amerika Serikat terhadap Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Klaim sepihak ini menurut Jokowi bisa mengancam keamanan dunia.

"Indonesia mengecam keras pengakuan sepihak pemerintah AS terhadap Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel dan pemerintah meminta pemerintah AS mempertimbangkan kembali keputusan itu," ujar Jokowi saat jumpa pers di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis, 7 Desember 2017.

Pengakuan sepihak ini, lanjut Jokowi, telah melanggar berbagai resolusi Dewan Keamanan dan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang AS menjadi anggota tetapnya.

"Ini bisa mengguncang keamanan dunia. Saya dan rakyat Indonesia, dan kita semua tetap konsisten untuk terus bersama rakyat Palestina dalam memperjuangkan kemerdekaan dan hak-haknya sesuai amanah pembukaan UUD 1945," kata dia.

(Baca juga: Syal Dipakai Menlu Retno Buatan Tangan Para Janda Palestina)

 


(REN)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

1 day Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA