Surya Paloh Tantang Emil Menentukan Cawagub

M Sholahadhin Azhar    •    Selasa, 14 Nov 2017 12:10 WIB
pilgub jabar 2018
Surya Paloh Tantang Emil Menentukan Cawagub
Calon gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil/ANT/Irwansyah Putra

Jakarta: Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menegaskan calon gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) harus bisa menentukan calon pendampingnya. Pengalaman sebagai Wali Kota Bandung dianggap sudah terbukti dan mengharuskan dia bisa melihat siapa calon potensial.

"Berulang kali saya katakan, itu lah kita kasih kebebasan kepada Ridwan Kamil. Dia pilih saja (wakilnya). Kalau mau maju gubernur, masa dia enggak bisa pilih wakilnya yang baik? Dia harus tahu itu, kalau enggak tahu, salah itu Ridwan Kamil," tegas Surya di JiEXPO, Jakarta, Selasa 14 November 2017.

NasDem, kata Surya, mendukung Emil dengan beberapa syarat ideologis. Pertama, ia harus bisa menjadikan Jawa Barat benteng Pancasila di Indonesia. Kedua, ketika menjadi gubernur, Emil merupakan pimpinan seluruh masyarakat di wilayah kerjanya.

"Ketiga, kerja sungguh-sungguh untuk masyarakat, dukung pemerintahan Jokowi (Presiden Joko Widodo)," ucap Surya.

NasDem telah memberi 'petunjuk' bagaimana seharusnya bakal caloncw akil yang dipilih Ridwan.

Sebelumnya, Ketua Bappilu DPP NasDem Effendy Choirie (Gus Choi) mengimbau seluruh pihak memercayakan pilihan pada Emil.

"Kalau bisa memang parpol lain enggak usah ngerecokin Ridwan Kamil. Berikan kepercayaan dia untuk bisa memilih figur yang tepat," tegas Gus Choi.

Partai NasDem, terang dia, jelas menyerahkan sepenuhnya pilihan pada Emil. Hal terpenting bagi dia ialah sosok calon gubernur sebagai penanggung jawab tata kelola pemerintahan.

"Oleh karena itu, kita partai pendukung, memberi kepercayaan pada Ridwan Kamil," ujar dia.


(OJE)