I Wayan Koster Ingin Moratorium Pembangunan Hotel di Bali Selatan

M Rodhi Aulia    •    Sabtu, 11 Nov 2017 16:22 WIB
pilkada 2018
I Wayan Koster Ingin Moratorium Pembangunan Hotel di Bali Selatan
I Wayan Koster (kiri) dan Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (kanan). Foto: MTVN/ M Rodhi Aulia

Jakarta: Bakal calon gubernur Bali dari PDIP, I Wayan Koster, berambisi melakukan moratorium pembangunan hotel di kawasan Bali Selatan. Sebab, kawasan itu sangat padat dengan pembangunan sarana dan prasana wisata.
 
"Kalau di kawasan Bali Selatan sudah saatnya dipikirkan adanya moratorium pembangunan sarana dan prasarana pariwisata (hotel)," kata Koster di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu 11 November 2017.
 
Wayan berambisi mewujudkan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Bali. Tidak bertumpu di kawasan selatan.

Baca: PDIP Yakin Wayan Koster Bebas Kasus Korupsi

"Saat ini pelaksanaan pembangunannya belum merata, belum adil sehingga ke depan salah satu arah kebijakan pembangunan kami adalah bagaimana meratakan pembangunan di seluruh wilayah Bali," ucap dia.
 
Reklamasi
 
Koster juga memantau adanya pro dan kontra reklamasi di Bali. Koster tidak bisa serta-merta mengambil keputusan menyikapi hal tersebut.
 
"Kami akan melihat secara keseluruhan. Visi dan misi kami adalah alam Bali dan lingkungannya harus dikelola secara arif dengan menjaga keseimbangan alam. Yaitu dengan konsep (tri hita karana) hubungan serasi dan harmonis antara manusia dengan yang maha pencipta, antara manusia dengan manusia, dan antara manusia dengan alam lingkungannya," ujarnya.

Baca: PDIP Usung I Wayan Koster-Cok Ace di Pilgub Bali

Koster mengaku telah mempelajari secara mendalam bagaimana sejarah alam dan lingkungan di Bali. Maka segala sesuatu yang tidak sinkron dengan keseimbangan alam, kata dia, pelaksanaannya tidak bisa dipaksakan.
 
"Kami harus melihat secara menyeluruh dalam konteks kalau secara alam tidak cocok, tentu kami tidak akan melakukan itu," tandas dia.
 


(FZN)