Forum Pemred Berkomitmen Netral di Pilkada

   •    Jumat, 09 Feb 2018 11:24 WIB
forum pemred pemilu serentak 2019pilkada 2018
Forum Pemred Berkomitmen Netral di Pilkada
Forum Pemred mendeklarasikan diri netral di pilkada dan pemilu, Kamis, 8 Februari 2018. Foto: Istimewa

Padang: Forum Pimpinan Redaksi (Pemred) media massa berikrar menjaga netralitas menghadapi Pemilihan Kepala Daerah 2018 dan Pemilihan Umum 2019. Ikrar ini sebagai komitmen insan pers untuk terus mendorong agar sistem demokrasi di Indonesia bisa menghasilkan pemimpin terbaik.

"Demokrasi itu adalah dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Demokrasi harus menghasilkan pilihan terbaik agar tujuan kesejahteraan bisa dicapai," demikian keinginan Forum Pemred dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Jumat, 9 Februari 2018.

Forum Pemred kemudian mengeluarkan enam poin deklarasi untuk menjalankan ikrar ini. Deklarasi dilakukan di sela-sela Hari Pers Nasional di Padang, Sumatera Barat, Kamis, 8 Februari.

Baca: Jokowi: Forum Pemred Kaya Informasi

Adapun enam poin deklarasi itu masing-masing:

1. Komitmen untuk menyukseskan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 yang diselenggarakan
dengan mandiri, jujur, adil, berkepastian hukum, tertib, transparan, proportional, profesional, efisien, efektif, dan dapat dipertanggung jawabkan.

2. Menjunjung kode etik jurnalistik, profesionalisme profesi, serta menjaga norma
kesantunan dalam meliput dan menulis berita terkait Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 khususnya, dan tugas jurnalistik lain pada umumnya.

3. Menjaga objektivitas pemberitaan dan menghormati serta memberikan porsi yang sesuai
kepada semua peserta Pilkada 2018 dan Pemilu 2019.

4. Percaya bahwa penyelenggara Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 serta semua elemen terkait akan melaksanakan tugasnya dengan profesional, jujur, dan adil demi kemaslahatan bangsa.

5. Mengimbau semua peserta Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 agar berkompetisi secara sehat, menghindari kampanye negatif, disinformasi, ataupun pengguna isu-isu SARA (Suku, Agama, Ras & Antar golongan) yang dapat memecah belah bangsa, dan akan mengedepankan program konstruktif untuk mencerdaskan dan membangun bangsa.

6. Mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk berpatisipasi secara damai, tertib dan toleran
dalam Pilkada 2018 dan Pemilu 2019.

Baca: Forum Pemred Daftarkan Logo & Nama ke Kemenkumham

Forum Pemred berdiri pada Rabu, 18 Juli 2012, sebagai wadah berkumpul dan berdiskusi para pemimpin redaksi. Puluhan pemimpin redaksi dari berbagai media nasional, seperti televisi, surat kabar, majalah, dan online, bergabung di forum ini.

Forum Pemred dipimpin Suryopratomo yang saat ini menjabat sebagai direktur pemberitaan Metro TV.




(UWA)