Dedy-Jumadi Pemenang Pilwakot Tegal

Nur Azizah    •    Senin, 17 Sep 2018 14:47 WIB
pilkada serentakpilkada 2018
Dedy-Jumadi Pemenang Pilwakot Tegal
Kuasa Hukum KPU Tegal, Ali Nurdin di Gedung MK - Medcom.id/Nur Azizah.

Jakarta: Pasangan Dedy Yon Supriyono-Muhammad Jumadi segera ditetapkan sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tegal. Penetapan ini menyusul putusan MK yang menyatakan bahwa hasil Pilwakot Tegal sah.

Kuasa Hukum KPU Tegal Ali Nurdin mengatakan putusan MK harus dilaksanakan paling lama tiga hari kerja setelah putusan keluar. Artinya, KPU Tegal harus menetapkan Dedy-Jumadi sebagai pemimpin Tegal paling lama Kamis, 20 September 2018. 

"KPU harus menindaklanjuti putusan MK untuk menetapkan wali kota dan wakil wali kota Tegal paling lama Kamis," ujar Nurdin di Gedung MK, Jakarta Pusat, Senin 17 September 2018.

Nurdin menegaskan putusan MK menandakan KPU Tegal tak bersalah. Ia memastikan KPU Tegal tidak pernah memainkan hasil perolehan suara. 

"Kami gembira karena MK konsisten dengan sikapnya. Menurut hakim, kesalahan perhitungan suara itu harusnya memengaruhi perolehan hasil, tapi ini tidak," tutur dia. 

KPU Tegal hanya keliru mendata daftar pemilih dan pengguna hak pilih. Namun, kesalahan itu tak berdampak pada perolehan suara.

"Perolehan suara tetap konsisten antara C1-KWK dan C1-Plano dan DAA KWK. Faktanya, KPU sudah melaksanakan tugas dengan baik dan semua tuduhan tidak terbukti," pungkas dia. 

Pada Juli 2018, Paslon Habib Ali Zaenal Abidin-Tanty Prasetyoningrum melaporkan KPU Tegal ke Mahkamah Konstitusi. Paslon nomor urut empat itu tak puas dengan perolehan suara mereka. Dalam permohonannya, mereka menemukan keberadaan kotak kosong di salah satu kecamatan dan pemilih 'siluman' di kawasan Tegal Barat. 
 


(REN)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA