Demokrat: AHY Capres atau Cawapres Harga Mati

Whisnu Mardiansyah    •    Senin, 09 Jul 2018 16:43 WIB
partai demokratpilpres 2019
Demokrat: AHY Capres atau Cawapres Harga Mati
Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan - ANT/Fanny Octavianus.

Jakarta: Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan bersikeras pengusungan sosok Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai capres atau cawapres sudah final. Apa pun koalisinya, AHY harus diusung.  

"Menjadi keputusan dari Demokrat bahwa apa pun koalisinya harus AHY sebagai capres atau cawapres," kata Syarief di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 9 Juli 2018. 

Syarief mengungkapkan, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto tertarik menggandeng AHY menjadi cawapresnya. Anggota Komisi I DPR itu yakin sosok AHY bisa diterima mitra koalisi Gerindra seperti PAN dan PKS. 

"Bahkan kita pernah sama-sama di pemerintah selama 10 Tahun, jadi tidak ada masalah komunikasi kami dengan pimpinan partai-partai itu. Mudah mudahan pasangan ini (Prabowo-AHY) bisa diterima baik oleh teman-teman dari koalisi yang lain," kata dia. 

(Baca juga: PPP: Koalisi Gerindra-PKS Belum Solid)

Syarief engan berandai-andai apabila nama AHY tidak diterima PAN dan PKS. Saat ini, menurutnya, Demokrat gencar melakukan penjajakan koalisi.

"Ya kita lihat nanti, tetapi hampir dipastikan semua kader Demokrat seluruh Indonesia menginginkan AHY sebagai capres atau cawapres," jelas dia. 

SBY merespons baik usulan wacana menduetkan Prabowo Subianto dengan AHY. SBY, kata Syarief, akan melakukan evaluasi internal partai untuk membahas wacana tersebut.

"Jadi Insyaallah dalam beberapa hari ini Pak SBY akan membuat keputusan berdasarkan rekomendasi dari majelis tinggi," pungkas dia. 




(REN)