Pertemuan JK-SBY Dinginkan Suasana

Husen Miftahudin    •    Selasa, 26 Jun 2018 13:30 WIB
jusuf kallasbypilkada 2018
Pertemuan JK-SBY Dinginkan Suasana
Wakil Presiden Jusuf Kalla (kiri) dan Presiden VI Susilo Bambang Yudhoyono. Foto: Antara/Fadil.

Jakarta: Ketua DPR Bambang Soesatyo menanggapi positif pertemuan antara Wakil Presiden Jusuf Kalla dengan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pertemuan keduanya dianggap mampu menyejukkan suasana politik.

"Pertemuan antara Pak JK dan Pak SBY menurut saya sangat baik untuk mendinginkan suasana politik yang kemarin sempat memanas karena ada tudingan dari Pak SBY terhadap ketidaknetralan aparat," kata Bambang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 26 Juni 2018.

Menurut dia, pertemuan itu memberi sinyal adanya komunikasi yang terjalin baik antara kubu pemerintah dengan Partai Demokrat yang dinahkodai SBY. Komunikasi kedua tokoh itu diharap mampu menjaga situasi politik pascapilkada serentak. 

Bambang ingin suasana sejuk terus terjaga hingga pemilu legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) April 2019. "Apapun pembicaraannya, menurut saya gestur yang ditunjukkan oleh kedua pemimpin itu baik bagi politik," tegas Bambang.

Pertemuan antara JK dan SBY berlangsung tertutup di kediaman SBY, Mega Kuningan Timur VII, Jakarta Selatan pada Senin malam, 25 Juni 2018. JK mengaku pertemuannya dengan SBY sebatas silaturahmi dalam rangka merayakan Idulfitri.

Baca: Wapres Kalla Bertemu SBY

Didesak soal pembicaraan mengenai politik, JK menegaskan tak membuka dialog apa pun. Masalah Pilpres 2019 juga diklaim tak diungkit. "Itu masih jauh," singkat JK.

SBY mengamini pernyataan JK. Menurut dia, kunjungan JK hanya silahturahmi setelah Idulfitri. "Enggak kita enggak bicara politik. Bicara cucu," jelas SBY.





(OGI)