KPK Kaji Permohonan Pansus Hadirkan Miryam di DPR

Damar Iradat    •    Jumat, 16 Jun 2017 15:20 WIB
angket kpk
KPK Kaji Permohonan Pansus Hadirkan Miryam di DPR
Juru bicara KPK Febri Diansyah. Foto: MI/Rommy

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mempelajari surat dari Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket KPK DPR RI. DPR meminta  Miryam S. Haryani dihadirkan dalam rapat Pansus pada Senin 19 Juni 2017.
 
Juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, surat diterima KPK 15 Juni 2017 ditujukan kepada Ketua KPK Agus Rahardjo.  "Setelah surat diterima, kita bahas lebih lanjut. Akan kita respons sesuai prosedur persuratan," kata Febri, Jumat 16 Juni 2017.
 
Ia mengatakan, KPK bakal menanggapi surat tersebut berdasarkan ketentuan hukum dan aturan terkait pemanggilan Miryam. Miryam diketahui merupakan tersangka pemberi keterangan palsu dalam sidang kasus korupsi KTP-el beberapa waktu lalu.
 
Sebelumnya, Pansus Hak Angket KPK berencana memanggil Miryam. KPK diminta mengizinkan politikus Partai Hanura itu datang ke forum Pansus.
 
"Kalau dia (KPK) ini tidak memberikan izin, itu bisa dikenakan pasal penyanderaan (sebagaimana diatur dalam KUHP). Harus hati-hati," kata Wakil Ketua Pansus Hak Angket KPK Taufiqulhadi di Kompleks Parlemen, Kamis kemarin.
 
Politikus Partai NasDem itu menambahkan, pihaknya akan melayangkan surat permohonan kepada KPK untuk mengizinkan Miryam hadir dalam forum Pansus. Permohnan itu sebagai wujud penghormatan Pansus terhadap KPK.
 
Ia juga mengatakan, pemanggilan terhadap Miryam dalam rangka mengonfirmasi dan mengelaborasi surat yang dilayangkan Miryam ke Pansus. Surat itu berisi bantahan Miryam bahwa ditekan oleh sejumlah anggota komisi III untuk mencabut BAP.
 


(FZN)

KPK Masih Telusuri Dugaan Keterlibatan 7 Penyidik di Kasus KTP-el

KPK Masih Telusuri Dugaan Keterlibatan 7 Penyidik di Kasus KTP-el

2 hours Ago

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan pemeriksaan internal terhadap tujuh orang penyidi…

BERITA LAINNYA